Home » Terbaru » Berita » Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia Resmi Diumumkan FIFA

Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia Resmi Diumumkan FIFA

wisnu March 25, 2023

Diskop.Id – Pada tahun 2023, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Salah satu hal yang membuat turnamen ini menjadi lebih berkesan adalah adanya lagu resmi Piala Dunia U-20. Lagu resmi ini mencerminkan semangat dan identitas turnamen. Serta menjadi sarana untuk membangkitkan semangat para pemain dan pendukung tim sepak bola dari seluruh dunia.

Dalam artikel diskop kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang lagu Piala Dunia U-20 Indonesia, mulai dari sejarahnya hingga liriknya. Mengingat  Piala Dunia U-20 2023 akan digelar kurang dari dua bulan lagi. Berikut ulasan informasinya!

Lagu Resmi Piala Dunia U-20 2023: Glorious, Kolaborasi Weird Genius – Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya

Lagu-Resmi-Piala-Dunia-U-20 2023-Glorious-Kolaborasi-Weird-Genius-Lyodra-Tiara-Andini-dan-Ziva-Magnolya

Jelang pengundian turnamen yang akan digelar pada 31 Maret 2023. FIFA dan Weird Genius meluncurkan teaser lagu resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) bersama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Resmi merilis preview lagu resmi Piala Dunia U-20 dengan judul “Glorious” pada Jumat (24/3/2023)

Hal itu diketahui melalui unggahan PSSI di akun Instagram resminya pada Jumat sore. Dalam lagu pendampingnya, FIFA dan PSSI berkolaborasi dengan grup EDM dan synth-pop Indonesia Weird Genius yang terdiri dari Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Tak hanya itu, lagu “Glorious” juga dinyanyikan oleh alumni Indonesian Idol season ke-10 atau Tiga Besar Idol X yaitu Lyodra Ginting, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya.

Lagu Glorius yang menjadi Lagu Resmi Piala Dunia U-20 ini langsung viral di media sosial dan mendapat banyak tanggapan dari netizen. Hingga saat ini, postingan tersebut telah menerima 104.501 suka dan 2.903 komentar.

Lebih lanjut, Weird Genius sebagai penulis lagu mengaku mendapat kehormatan untuk terlibat dalam Piala Dunia U-20 2023.

Weird Genius, grup musik Indonesia yang bersinar di Asia dengan 2,2 juta subscriber di YouTube. Dan lebih dari 1 juta pendengar di Spotify, membuat dan memproduksi lagu berjudul Glorious bekerja sama dengan tiga finalis cantik Indonesian Idol Season 10.

Teaser lagu Glorious Rilis saat Drawing Piala Dunia U-20 2023

Teaser lagu Glorious sudah tersedia di platform FIFA+ dan semua media sosial dan penggemar FIFA. Sedangkan untuk lagu secara keseluruhan akan dirilis bersamaan dengan pengundian Piala Dunia U-20 2023 yang dimulai pada 31 Maret 2023.

Untuk bisa melihat teaser lagu Gemilang karya Weird Genius bersama Londra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolia, silahkan cek FIFA+. Piala Dunia U-20 telah menjadi wadah bagi para talenta muda dari seluruh dunia, di mana selalu ada perjuangan besar yang melibatkan bintang-bintang masa depan.

Misalnya pada 2019, bintang Man City dan Norwegia saat ini Erling Haaland meraih Sepatu Emas di Piala Dunia U-20. FIFA telah meluncurkan teaser lagu resmi Piala Dunia U-20 bertajuk ‘Glorious’ pada Jumat, 24 Maret 2023.

‘Glorious’ akan menjadi lagu yang mengiringi sepanjang turnamen Piala Dunia U-20 karena ritmenya yang energik menggambarkan esensi kemenangan. Dan kejayaan dalam pertandingan dengan sempurna. Para pecinta Piala Dunia dapat menantikan versi lengkap dari lagu ‘Glorious’. Akan segera dirilis pada tanggal 31 Maret 2023, bertepatan dengan acara pengundian.

Turnamen bergengsi ini akan digelar pada 20 Mei – 11 Juni 2023 yang diikuti oleh 24 negara. Termasuk timnas Indonesia U-20 yang lolos otomatis karena menjadi tuan rumah. Pesta sepak bola tersebut rencananya akan digelar di enam stadion berbeda yang tersebar di enam kota di seluruh Indonesia.

Piala Dunia U-20 akan menjadi turnamen FIFA pertama yang diadakan di kandang sendiri. Dan yang kedua dimainkan di Asia Tenggara sejak 1997 di Malaysia.

Sejarah Lagu Piala Dunia U-20

Sejarah-Lagu-Piala-Dunia-U-20

Tradisi pembuatan Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia untuk Piala Dunia dimulai pada tahun 1962 ketika Chile menjadi tuan rumah turnamen tersebut. Sejak itu, hampir setiap edisi Piala Dunia memiliki lagu resmi yang dibuat khusus untuk memperingati dan mempromosikan turnamen tersebut.

Pada tahun 2017, FIFA mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2023. Setelah itu, dibuatlah kompetisi untuk mencari lagu resmi turnamen ini. Pada akhirnya, sebuah lagu yang berjudul “Meraih Bintang” dipilih sebagai lagu resmi di Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia.

Mengapa Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia Penting?

Lagu resmi Piala Dunia U-20 bukan hanya sekadar lagu biasa. Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia ini menjadi salah satu bagian penting dari identitas turnamen ini. Selain itu lagu resmi dapat mencerminkan semangat kepemudaan dan kebanggaan sebagai tuan rumah turnamen.

Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia , juga turut serta membangkitkan semangat para pemain dan pendukung tim sepak bola dari seluruh dunia. Selain itu, lagu resmi juga menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan turnamen ini kepada masyarakat dunia.

Daftar Tim Peserta Piala Dunia U-20 2023

Piala Dunia U-20 2023 akan menjadi ajang kompetisi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Ajang tersebut akan diadakan di Indonesia dan akan menampilkan tim-tim peserta dari berbagai belahan dunia. Berikut ini adalah daftar tim peserta Piala Dunia U-20 2023:

1. Pot A

  • Indonesia
  • Uruguay
  • Amerika Serikat
  • Prancis
  • Senegal
  • Italia

2. Pot B

  • Inggris
  • Korea Selatan
  • Selandia Baru
  • Brasil
  • Kolombia
  • Ekuador

3. Pot C

  • Nigeria
  • Uzbekistan
  • Jepang
  • Irak
  • Honduras
  • Fiji

4. Pot D

  • Guatemala
  • Rep. Dominika
  • Gambia
  • Israel
  • Slovakia
  • Tunisia

Daftar tim peserta ini menunjukkan bahwa Piala Dunia U-20 2023 akan menjadi ajang kompetisi yang sangat sengit dan menarik untuk disaksikan. Tim-tim terbaik dari seluruh dunia akan berlaga demi meraih gelar juara dunia di kategori U-20. Diharapkan, ajang ini akan memberikan pengalaman yang berharga bagi para pemain dan para penggemar sepak bola di Indonesia dan seluruh dunia.

Jadwal Piala Dunia U-20 2023

Jadwal-Piala-Dunia-U-20-2023

Piala Dunia U-20 2023 akan dimulai pada tanggal 17 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 11 Juni 2023. Ada total 52 pertandingan yang akan dimainkan di seluruh Indonesia.

Tahap Grup

Tahap grup akan dimulai pada tanggal 17 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 28 Mei 2023. Pertandingan-pertandingan ini akan dimainkan di delapan stadion yang berbeda di delapan kota yang berbeda di seluruh Indonesia. Setiap tim akan bermain tiga kali di tahap grup.

Babak 16 Besar

Babak 16 besar akan dimulai pada tanggal 31 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 3 Juni 2023. Pertandingan-pertandingan ini akan dimainkan di empat stadion yang berbeda di empat kota yang berbeda di seluruh Indonesia.

Perempat Final

Perempat final akan dimainkan pada tanggal 7 dan 8 Juni 2023 di dua stadion yang berbeda di dua kota yang berbeda di seluruh Indonesia.

Semi Final

Semi final akan dimainkan pada tanggal 10 Juni 2023 di satu stadion yang berbeda di seluruh Indonesia.

Final

Final akan dimainkan pada tanggal 11 Juni 2023 di stadion utama di Indonesia.

Stadion-Stadion

Ada total 10 stadion yang akan digunakan dalam Piala Dunia U-20 2023. Ini adalah stadion-stadion yang akan digunakan:

  1. Stadion Utama Indonesia, Jakarta
  2. Stadion Pakansari, Bogor
  3. Stadion Manahan, Solo
  4. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung
  5. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya
  6. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar
  7. Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta
  8. Stadion Mandala Krida, Yogyakarta
  9. Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi
  10. Stadion Kanjuruhan, Malang

Demikianlah ulasan informasi mengenai Lagu Piala Dunia U 20 Indonesia, semoga berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait