Home » Terbaru » Berita » Fenomena Bulan Sabit Bintang Berdekatan

Fenomena Bulan Sabit Bintang Berdekatan

wisnu March 25, 2023

Beberapa waktu lalu, warga digegerkan dengan fenomena bulan sabit bintang yang begitu indah. Pasalnya penampakan ini jarang terjadi dimana biasanya hanya terlihat bulan sabit saja.

Kemunculannya dapat dilihat oleh mata telanjang setelah waktu berbuka puasa pada 2 Ramadhan 2023. Terlihat bulan sabit tersebut cukup jelas dengan ukuran yang besar dan berdampingan dengan bintang di bagian atas.

Banyak warga yang mengabadikan momen ini dengan merekam gambar tersebut melalui ponsel mereka. Bahkan tidak sedikit yang membagikannya di jejaring sosial dan menjadi trending saat itu.

Penjelasan Fenomena Bulan Sabit dan Bintang Berdekatan yang Menghebohkan Warga, Begini Tanggapan Pakar BMKG!

Fenomena munculnya bulan sabit dan bintang yang begitu luar biasa ini langsung dijelaskan oleh salah satu ahli di BMKG. Menurutnya, fenomena tersebut terjadi karena ada peristiwa antara bumi, planet dan matahari.

Dilaporkan pada hari Jumat malam (24/03/2023) telah terjadi fenomena langit yakni adanya konjungsi antara bulan sabit dan Venus. Mungkin banyak yang belum tahu apa yang dimaksud dengan konjungsi?

Fenomena konjungsi adalah fenomena yang muncul ketika bumi, planet dan matahari berada dalam satu galis sejajar, lurus, atau terlihat berdekatan ketika diamati di permukaan bumi. Menurutnya, fenomena ini muncul beberapa kali dalam setahun.

Meskipun begitu fenomena seperti ini tidak akan memiliki dampak atau efek negatif apapun. Tidak hanya itu,, kejadian indah ini juga tidak akan menyebabakan fenomena astronomis lainnya.

Diketahui, fenomena bulan dan bintang berdekatan ini terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Semua orang dapat melihat jika langit dalam kondisi yang sangat baik.

Selain itu, fenomena tersebut juga terlihat selama 30 menit mulai dari pukul 19.00 WIB hingga 19.30 WIB. Memang menjadi hal yang sangat menguntungkan karena hampir cuaca di seluruh Indonesia tidak sedang dalam kondisi hujan.

Cari Tahu! Peristiwa Fenomena Bulan Sabit dan Bintang Pertanda Apa Dalam Islam?

Fenomena bulan sabit dan bintang yang terjadi pada malam hari 924/3/2023) tentu menggegerkan banyak warga. Tidak sedikit dari mereka yang mengaitkan peristiwa tersebut dengan ramalan atau kejadian sesuai dengan apa yang dipercayai.

Bahkan peristiwa yang diabadikan dan dikirim ke grup WA tersebut ada juga yang mengkaitkannya dengan hal-hal gaib. Meskipun telah dijelaskan secara detail diatas, tetapi masih ada saja yang mempercayai hal tesebut.

Kemudian adapun yang bertanya tentang fenomena bulan sabit dan bintang yang berdekatan memiliki pertanda apa dalam Islam? sebenarnya, fenomena bulan sabit tersebut memiliki pemaknaan sendiri.

Bulan dimaknai sebagai petunjuk Allah untuk mengarungi kehidupan. Hal ini berdasarkan pada sejarah penduduk arab yang menggunakan bulan sebagai navigasi agar tidak tersesat saat dalam perjalanan.

Apapun itu, kita harus bersyukur karena dapat melihat fenomena bulan sabit dan bintang berdekatan yang indah tersebut. Apalagi bulan tersebut muncul saat awal memasuki bulan Ramadhan yang penuh keberkahan.

Baca Juga: Tips Hemat Uang Supaya Tidak Selalu Boncos Tiap Bulannya!

Beragam Komentar Unik dan Kagum Tentang Fenomena Bulan Sabit Bintang yang Sedang Ramai, Begini Kata Netizen!

Fenomena bintang dekat bulan tersebut tidak sedikit menarik perhatian netizen di jejaring sosial, khususnya Instagram. Dalam salah satu unggahan akun IG, banyak sekali yang menanggapi fenomena indah tersebut.

Banyak yang memuji keindahan bulan sabit dengan bintang, bahkan ada yang mengaitkannya dengan simbol bulan sabit dan bintang. Hal ini diucapkan netizen yakni “kayak lambang yang ada di masjid”.

Tidak hanya itu, ada juga yang mengkait-kaitkannya dengan candaan seperti komentar “lebih indah lagi waktu awal pertama kenal“. Dilanjutkan komentar lainnya “cantik banget, kayak melihat dia lagi sama yang lain“.

Namun, tidak sedikitpun yang mengeluh karena tidak melihat pemandangan langit tersebut. Hal tersebut disampaikan akun @wiia* “Di tempatku ujan semalem“, @zel** “Seandainya disini nggak mendung, gua dah ambil gambar juga sih“.

Selain itu, ada juga netizen yang berharap bahwa memiliki kamera yang lebih baik agar bisa mengambil gambar lebih jelas. Fenomena bulan sabit memang bisa dilihat beberapa kali dalam setahun, tapi yang paling langka adalah kehadiran bintang di sisinya.

Beragam Potret yang Diabadikan Banyak Orang Pada Fenomena Bulan Sabit dan Bintang, Cahayanya Sangat Terang!

Mengabadikan fenomena bulan sabit dan bintang sekaligus memang terbilang langka. Meskipun memiliki smartphone, tentunya tidak mudah untuk mendapatkan gambar yang jelas dari fenomena tersebut.

Mungkin banyak yang ingin melihat lebih jelas seperti apa bulan pada malam itu jika diambil melalui kamera canggih. Beberapa gambar yang ditampilkan disini tentu akan mengetahui detail yang lebih jelas pada penampakan bulan sabit dan bintang tersebut.

Berikut ini adalah beberapa potret pilihan yang telah diabadikan oleh orang-orang:

Tetntunya masih banyak kesempatan untuk melihat fenomena langit lainnya yang akan terjadi kedepannya. Beberapa diantaranya mulai dari hujan meteor yang akan diperkirakan terlihat pada 15 April – 29 April 2023 dan 14 Juli – September 2023.

Bahkan ada juga fenomena bulan yang disebut Super Blue Moon pada 31 Agustus 2023. Bulan purnama akan terlihat lebih besar dan terang dari biasanya. Ini yang nantikan tidak boleh terlewatkan di tahun 2023.

Baca Juga: Perubahan Cuti Bersama Lebaran 2023 Dimajukan dan Ditambah

Artikel Terkait