Home » Terbaru » Berita » Kapan Shalat Tarawih Dilaksanakan 2023? Simak Penjelasannya!

Kapan Shalat Tarawih Dilaksanakan 2023? Simak Penjelasannya!

wisnu March 22, 2023

Sebentar lagi seluruh umat islam akan masuk pada bulan yang penuh dengan berkah, yaitu bulan Ramadhan. Nah, mungkin masih banyak nih beragam pertanyaan tentang Kapan Shalat Tarawih di mulai bukan? Nah, tentu saja kini para umat muslim harus mengetahuinya ya.

Mungkin banyak orang yang tidak sabar ingin mengerjakan Shalat Tarawih ini bukan? Soalnya memang Shalat Tarawih ini di kerjakan secara bersamaan di Masjid, tentu saja ini merupakan salah satu moment yang begitu menyenangkan. Jadi memang harus mengetahui Kapan Shalat Tarawih Dilaksanakan.

Jangan sampai ketinggalan dengan Shalat Tarawih ini ya, karena Shalat Tarawih ini merupakan salah satu Shalat Sunnah yang di kerjakan hanya pada bulan Ramadhan saja. Mengerjakan Shalat Tarawih ini tentu saja di lakukan dengan cara beristirahat ketika dua kali salam.

Meskipun ini termasuk ke dalam Shalat Sunnah, akan tetapi Shalat Tarawih ini juga memiliki keutamaannya juga lho. Jadi selain bisa mengetahui Tarawih Pertama Hari Apa, maka silahkan ketahui juga keutamaan dari Shalat Tarawih ini ya. Simak langsung saja ulasan berikut ini yuk.

Beberapa Keutamaan Melaksanakan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Beberapa-Keutamaan-Melaksanakan-Shalat-Tarawih-di-Bulan-Ramadhan

Sebelum mengetahui tentang Kapan Shalat Tarawih Dilakukan, maka kini para pembacanya juga harus mengetahui saja terlebih dahulu nih tentang keutamaan dari melaksanakan Shalat Tarawih. Mungkin masih banyak saja nih orang yang belum mengetahui tentang keutamaannya bukan?

Meskipun Shalat Tarawih ini tergolong Shalat Sunnah, akan tetapi masih banyak saja keutamaan dari Tarawih ini lho. Jadi ketika seseorang ingin melaksanakan Shalat Tarawih, maka terlebih dahulu harus mengetahui saja terlebih dahulu tentang keutamaan apa saja yang bisa di dapatkan.

Nah, jadi bagi umat muslim yang ingin mendapatkan keberkahan saat puasa maka bisa melaksanakan saja Shalat Tarawih ini ya. Dengan begitu, maka para umat muslim juga akan bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda jika mengerjakan Shalat Tarawih di bulan Ramadhan ini.

Apabila para umat muslim ini ingin melakukan Shalat Tarawih akan tetapi sedang tidak bisa melakukannya berjamaah di Masjid, maka para umat muslim juga bisa melakukannya sendiri di rumah lho. Jadi Shalat Tarawih ini bisa di lakukan dimana saja ya tidak harus berjamaah.

Tidak perlu berlama – lama lagi yuk silahkan saja bagi yang penasaran maka bisa langsung simak saja beragam keutamaan Shalat Tarawih di bawah ini.

  • Dilapangkan rezekinya
  • Diampuni segala dosa yang telah di perbuat
  • Pahala Shalat semalam penuh
  • Mendapatkan pahala shalat berjamaah
  • Menjaga silahrutahmi
  • Menyempurnakan Ibadah
  • Memakmurkan masjid
  • Meningkatkan kesehatan tubuh
  • Sarana Menambah ilmu
  • Meningkatkan kesehatan mental

Nah, jadi itu dia beberapa Keutamaan Shalat Tarawih yang perlu di ketahui oleh para umat islam. Jadi silahkan kerjakan saja Shalat Tarawih ini apabila ingin mendapatkan keberkahan, ampunan, serta mendapatkan pahala dari Allah Swt.

Kapan Shalat Tarawih Pertama 2023 Dilaksanakan Oleh Para Umat Islam?

Kapan-Shalat-Tarawih-Pertama-2023-Dilaksanakan-Oleh-Para-Umat-Islam

Nah, mungkin masih banyak yang mempertanyakan tentang Kapan Kita Melaksanakan Shalat Tarawih 2023 ini bukan? Jadi memang masih banyak yang merasa bingung Kapan Pelaksanaan Shalat Tarawih ini. Nah, kalau bingung maka kali ini bisa langsung mengetahuinya saja yuk.

Tahu gak sih kalau pemerintah pusat kini sudah membuat surat keputusan bersama SKB 3 Menteri dimana di tetapkannya 1 Syawal 1444 Hijriah ini telah jatuh pada tanggal 22 April 2023. Nah, jadi artinya 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 22 Maret 2023.

Akan tetapi ini bukanlah salah satu keputusan yang sudah final ya. Karena penetapan akhir ini nantinya akan baru di tentukan setelah sidang isbat di gelar. Akan tetapi, di samping itu PP Muhammadiyah ini memiliki cara tersendiri dalam menentukannya.

Pasalnya Muhammadiyah ini menentukan 1 Ramadhan 1444 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023. Nah, untuk tangga; 1 Syawal nya atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 21 April 2023. Mungkin perbedaan antara pemerintah dan juga muhammadiyah ini belum masuk ke dalam keputusan final ya.

Meskipun penetapan awal Ramadhan 2023 ini memang berbeda di Indonesia, maka tentu saja ini begitu di harapkan bahwa perbedaan ini tidak menjadi bibit perpecahan di masyarakat Indonesia.

Nah, jadi kalau ingin mengetahui tentang Kapan Shalat Tarawih Itu Dilaksanakan, maka sebaiknya tunggu keputusan dari sidang isbat puasa 2023 ini yang akan di gelar sehari sebelum masuk ke awal pelaksanaan Ramadhan.

Ini Bacaan Shalat Tarawih & Witir yang Perlu Diketahui

Ini-Bacaan-Shalat-Tarawih-dan-Witir-yang-Perlu-Diketahui

Kalau ingin melaksanakan Shalat Tarawih ini, maka para umat muslim juga perlu mengetahui bacaan atau niat Shalat Tarawih terlebih dahulu ya. Nah, karena di akhir Shalat Tarawih ini terdapat Shalat Witir, maka para umat islam juga memang wajib untuk mengetahuinya juga.

Jadi yang belum lancar dengan niatnya, maka langsung hafalkan saja mulai dari sekarang ya untuk persiapan melakukan Shalat Tarawih ini. Adapun niat Shalat Tarawih bisa langsung di simak saja di bawah ini.

Niat Shalat Tarawih

Niat Shalat Tarawih Berjamaah Bagi Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah.”

Niat Shalat Tarawih Berjamaah Bagi Makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah.”

Niat Shalat Tarawih Sendiri Dirumah

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tarawihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT.”

Niat Shalat Witir

Niat Shalat Witir 1 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًاِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal witri rok ‘atan mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muman/imaman) lillaahi ta’alaa

Artinya: “Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi makmum karena Allah ta’alaa.”

Niat Shalat Witir 3 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muman/imaman) lillaahi ta’alaa

Artinya: “Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma’muman/imaman) karena Allah ta’alaa.”

Jadi begitulah beberapa informasi tentang Kapan Shalat Tarawih ini bisa di laksanakan oleh umat muslim ya. Jadi siapa pun yang nantinya mengerjakan shalat tarawih di bulan Ramadhan ini, maka tentu saja umat yang mengerjakannya tersebut akan bisa mendapatkan pahala serta keutamaan – keutamaannya tersebut. Jadi kerjakan saja shalat tarawih jika masih mampu mengerjakannya ya.

Baca Juga :

Artikel Terkait