Home » Terbaru » Berita » Daftar Barcode Solar Subsidi Pertama Online, Begini Caranya!

Daftar Barcode Solar Subsidi Pertama Online, Begini Caranya!

wisnu March 25, 2023

diskop.id – Mengisi bahan bakar solar di SPBU, kini dipermudah dengan hanya menggunakan scan QR. Dimana hal ini akan memudahkan pembayaran yang bisa di lakukan melalui HP. Nah untuk cara Daftar Barcode Solar pun terbilang mudah di lakukan untuk semua kendaraan.

Namun bagi yang masih penasaran dengan Daftar Barcode Solar pakai QR Code, pada pembahasan kali ini diskop akan membahasnya secara jelas dan lengkap. Lantas seperti apa penjelasannya? Langsung saja kita simak informasinya di bawah ini :

Isi Solar di SPBU Pakai QR Code? Begini Cara Daftar Barcode Solar Pertamina

Isi- Solar-di-SPBU-Pakai-QR-Code-Begini-Cara-Daftar-Barcode-Solar-Pertamina

Cara membuat barcode pertamina harus di ketahui. Sebab, BARCODE Pertamina akan digunakan untuk pembelian subsidi BBM, Solar, hingga Pertalite.

Sejak 1 Juli 2022, pemerintah melalui Pertamina telah melaksanakan uji coba program subsidi di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia. Namun, saat ini PT Pertamina telah melakukan perluasan wilayah kota / Kabupaten terkait pelaksanaan uji coba penggunaan yang ditargetkan ini. Khusus untuk pembelian solar bersubsidi.

Bagi pengendara yang sudah melakukan registrasi, dapat membeli solar bersubsidi sesuai kebutuhan atau maksimal sesuai dengan kapasitas tangki kendaraan.

Namun bagi yang belum mendaftar, hanya diperbolehkan mengisi solar bersubsidi maksimal 20 liter. Nah, bagi yang sudah daftar, berikut cara Daftar Barcode Solar untuk beli solar dengan MyPertamina seperti dikutip dari laman resminya mypertamina.id,

Cara Membuat Daftar Barcode Solar Pertamina

Cara-Membuat-Daftar-Barcode-Solar-Pertamina

Uji coba program subsidi ini untuk mengoptimalkan penerima BBM bersubsidi agar bisa tepat sasaran melalui aplikasi MyPertamina. Oleh karena itu, kendaraan yang berhak atas BBM bersubsidi harus mendaftarkan kendaraannya melalui web atau aplikasi MyPertamina.

Jika sudah terdaftar, maka biasanya pengguna akan mendapatkan barcode atau Kode QR. Barcode ini bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi pembelian BBM bersubsidi. Baik itu pembelian secara tunai maupun secara digital melalui LinkAja.

Bahkan hingga saat ini tercatat uji coba penerapan BBM ini telah menjangkau 193 kota / kabupaten. Perlu di ketahui, pembelian subsidi solar harus dilakukan dengan menggunakan Kode QR. Sebelum mendapatkan barcode, daftarkan kendaraan terlebih dahulu untuk mendapatkan barcode tersebut. Berikut cara membuat Daftar Barcode Solar :

  1. Siapkan persyaratan pendaftaran sebelum mendaftar melalui web MyPertamina, pengguna harus menyiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Persyaratan tersebut antara lain foto STNK depan dan belakang, foto KTP, foto kendaraan, hingga foto nomor kendaraan polisi.
  2. Masuk ke Website Pertamina jika sudah menyiapkan semua persyaratan, maka kunjungi halaman pendaftaran program subsidi My Pertamina . Masuk ke: https://subsiditepat.mypertamina.id/. jika ingin semua proses berjalan lancar dan cepat, maka bisa masuk ke web melalui PC atau laptop.
  3. Centang persetujuan dan daftar setelah mengunjungi tautan, gulir ke bawah hingga menemukan kotak keluar. Jika sudah memahami persyaratannya, dapat mencentang kotak persetujuan. Jika sudah, segera daftar dengan menekan menu Daftar Sekarang.
  4. Isi formulir pendaftaran cara membuat barcode Pertamina selanjutnya adalah dengan mengisi beberapa data diri dan data kendaraan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Setelah itu, tinggal menunggu verifikasi.
  5. Tunggu konfirmasi jika sudah mengikuti semua langkah, lalu tunggu sekitar 7 hari untuk proses pencocokan data dari my Pertamina. Konfirmasi akan dikirimkan melalui alamat email pendaftar. Periksa tautan secara berkala untuk pemberitahuan.
  6. Simpan Barcode yang didapatkan setelah konfirmasi selesai, maka kamu akan diberikan barcode atau Kode QR. Barcode yang di dapatkan perlu disimpan secara elektronik dan juga dicetak. Nantinya, pengguna akan menggunakan barcode tersebut untuk membeli BBM bersubsidi.

Cara membuat Daftar Barcode Solar Pertamina cukup mudah dan sederhana yang di lakukan. Sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk membeli bahan bakar di SPBU menggunakan barcode.

Bagaimana Cara Beli Solar di SPBU Menggunakan Scan Barcode?

Bagaimana-Cara-Beli-Solar-di-SPBU-Menggunakan-scan-Barcode

Untuk membeli bahan bakar solar menggunakan Daftar Barcode Solar, pengguna harus memastikan bahwa kendaraannya mendukung teknologi tersebut dan telah terdaftar pada sistem Pertamina. Setelah itu, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membeli solar menggunakan Barcode Solar:

  1. Selama masa uji coba, pengguna Biosolar yang telah mendaftar Subsidi Mypertamina right dapat melakukan top up BBM subsidi dengan menunjukkan kode QR. Berikut tata cara transaksi bagi konsumen yang sudah melakukan registrasi:
  2. siapkan QR code yang sudah didapatkan dari halaman tersebut https://subsiditepat.mypertamina.id /
  3. tunjukkan kode QR kepada operator SPBU melalui ponsel atau cetak
  4. isi solar bersubsidi atau Biosolar sesuai kendaraan masing-masing
  5. lakukan pembayaran dengan metode tunai atau non tunai seperti kartu kredit atau debit.

Penting untuk diingat bahwa sebelum menggunakan teknologi Barcode Solar, pengguna harus memastikan bahwa kendaraannya sudah didukung teknologi tersebut dan telah terdaftar pada sistem Pertamina. Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa aplikasi MyPertamina terhubung dengan akun dan metode pembayaran yang valid agar transaksi dapat dilakukan dengan lancar.

Daftar Wilayah Yang Sudah Menerapkan Pembelian Dengan Scan QR Code

Dikutip dari laman MyPertamina, berikut daftar wilayah yang menerapkan pembelian dengan Daftar Barcode Solar:

  • Kota Payakumbuh, Region Sumatera Barat
  • Kabupaten Pandeglang, Region Banten
  • Kabupaten Ciamis, Region Bandung
  • Kabupaten Kuningan, Region Cirebon
  • Kabupaten Jepara, Region Semarang
  • Kabupaten Cilacap, Region Tegal
  • Kabupaten Wonogiri, Region Yogyakarta
  • Kota Mojokerto, Region Surabaya
  • Kota Kediri, Region Kediri
  • Kabupaten Lumajang, Region Malang
  • Kota Banjarmasin, Region Kalimantan Selatan.

Meski sejauh ini pembelian Biosolar dengan scan QR Code masih berlangsung di 11 kabupaten dan kota. Namun hal ini di harapkan kedepannya akan lebih banyak daerah baik kabupaten dan kota yang menerapkan pembelian bahan bakar solar menggunakan scan QR code.

Jumlah Kuota Harian Pengisian Solar Subsidi

Jumlah-Kuota-Harian-Pengisian-Solar-Subsidi

Batas kuota harian pembelian Biosolar dengan QR code bertujuan agar penyaluran lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kuota harian. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam surat keputusan kepala Badan Pengawas hilir Migas (BPH Migas) No. 04 / P3JBT / BPH Migas / KOM / 2020. Mengacu pada SK tersebut, ketentuan kuota harian pembelian subsidi solar untuk setiap kendaraan, yaitu:

  • Maksimal 60 liter per hari untuk kendaraan pribadi roda empat
  • Maksimal 80 liter per hari untuk angkutan umum orang atau barang beroda empat
  • Maksimal 200 liter per hari untuk angkutan umum orang atau barang beroda enam atau lebih.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum mengikuti subsidi Mypertamina , pembelian Biosolar dibatasi maksimal 40 liter per hari.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi MyPertamina Untuk Beli BBM

Aplikasi MyPertamina memiliki banyak kelebihan, salah satunya pengguna bisa mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam reward melalui aplikasi MyPertamina.

Diekstrak dari tubuh mypertamina.id, berikut ini adalah keuntungan menggunakan aplikasi MyPertamina:

  • Tanpa uang Tunai
    Pengguna dapat melakukan pembayaran saat mengisi bahan bakar di SPBU bertanda khusus tanpa mengeluarkan uang fisik, cukup dengan MyPertamina.
  • Dapatkan Poin
    Setiap pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex di SPBU terdaftar, pelanggan bisa mendapatkan poin.
  • Tukarkan Poin
    Jika poin sudah terkumpul, pengguna dapat menukarkannya untuk mendapatkan reward dan promo dari MyPertamina dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan aplikasi my pertamina untuk pembelian bbm.

Sekian ulasan informasi yang dapat diskop bagikan mengenai Daftar Barcode Solar Pertamina, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait