Home » Terbaru » Game » 8 Penyebab Susah Naik Rank Mobile Legends, Simak Alasannya!

8 Penyebab Susah Naik Rank Mobile Legends, Simak Alasannya!

wisnu May 18, 2024

Penyebab Susah Naik Rank Mobile Legends – Kalau berbicara tentang sistem ranking di Mobile Legends, tentunya semua Player menginginkan tier tertinggi alias Mythical Glory.

Semua pemain tentu memiliki tujuannya masing-masing, ada yang ingin memamerkan ke orang lain, atau karena dijadikan bahan pembicaraan rekan-rekan dimana mereka sudah mencapai rank tertinggi, sedangkan diri sendiri masih ada di rank bawah dan tidak pernah naik terus-terusan.

Tidak berbakat itu relatif, tapi banyak yang tidak ingin terjebak dalam hal seperti itu, bukan? oleh karena itu, di artikel ini akan membahas lebih lengkap penyebab susah naik rank Mobile Legends.

Player ML Harus Tahu! Penyebab Susah Naik Rank Mobile Legends, No 3 Masih Sering Dilakukan?

Player-ML-Harus-Tahu-Penyebab-Susah-Naik-Rank-Mobile-Legends-No-3-Masih-Sering-Dilakukan

Agar tidak terlalu pusing penyebutan rank Elite, Master, Grand Master, Epic dan lain-lain sering disebut dengan tier. Untuk menaikkan tier ke tingkatan atas tidak hanya sekedar main saja atau push tiap hari dan tidak berhenti sampai malam.

Sebenarnya cara tersebut tidak bisa dikatakan efektif, karena banyak sekali yang melakukan hal tersebut tapi tidak naik. Meski sudah naik cukup tinggi, tapi yang terjadi adalah turun kembali dan ini selalu berulang setiap-hari.

Ada banyak faktor yang berpengaruh dengan tingkatan rank di Mobile Legends. Berikut ini adalah ulasan yang dibuat secara lengkap menurut admin diskop.id di bawah ini.

1. Level Emblem yang Rendah

Level-Emblem-yang-Rendah

Level emblem merupakan faktor paling tinggi penyebab susah naik rank Mobile Legends. Banyak pemain baru yang tidak memperdulikan emblem, padahal dengan menaikkan level emblem akan membuatnya lebih mudah menaikkan rank.

Bagi yang memulai dengan akun baru, tentu player hanya memiliki beberapa emblem saja dan nikmati permainan hingga emblem lainnya dapat terbuka. Yang paling penting adalah fokus untuk upgrade emblem sesuai Hero yang digunakan.

Mengapa emblem sangat penting untuk di-upgrade? karena emblem akan sangat penting untuk meningkatkan status dari hero-hero yang dipakai dalam maps. Kemudian, emblem-emblem tersebut memiliki skill yang cocok untuk hero-hero tertentu.

Maka dari itu, ini yang menjadi alasan mengapa diharuskan untuk meningkatkan emblem yang akan digunakan. Jadi, manfaatkan magic dust dan BP untuk membeli emblem daripada membeli hero yang tidak perlu.

2. Tidak Menguasai Skill atau Penguasaan Hero/ Micro Skill

Tidak-Mengerti-Item-yang-Dipakai

Sebenarnya faktor ini merupakan seberapa mampu menguasai hero yang digunakan. Jadi, semakin baik penguasaan hero-nya akan membantu dalam proses rangking agar cepat naik dan tidak stuck di situ saja.

Akan tetapi, yang harus dikuasai dari hero tidak hanya tahu cara menggunakan dan fungsinya saja, karena kalau hal seperti itu tidak sulit. Tetapi, Player harus memahami posisi yang sesuai, momen-momen yang tepat seperti kapan harus menyerang atau mundur dan lainnya.

Intinya, Player harus mengetahui bagaimana caranya memaksimalkan potensi dari hero yang sedang dipelajari. Jika dari faktor ini saja belum paham, sebaiknya perbanyak match dengan hero tersebut.

Artinya, jangan sering mengganti hero jika benar-benar belum memahami hero yang dipakai sebelumnya karena hasilnya tidak bisa semua dikuasai. Perbanyak latihan pada hero yang sedang ingin dikuasai entah melalui unranked atau lainnya.

3. Tidak Mengerti Item yang Dipakai

Tidak-Mengerti-Item-yang-Dipakai

Setelah paham menggunakan skill dari hero tersebut, faktor pendukung selanjuntya menjadi hal yang tidak kalah penting. Seorang player yang ingin berkembang dan mencapai rank tertinggi wajib memahami item.

Mungkin untuk tier seperti Warrior hingga Grand Master belum menjadi bagian yang penting. Tetapi, untuk tier epic atau diatasnya, ini sudah menjadi hal yang perlu diperhatikan dan diusahakan untuk paham bagi player Mobile Legends.

Arti kata “paham” ini maksudnya mengerti fungsi masing-masing item yang akan digunakan dalam match. Kemudian paham tentang kondisi yang sesuai untuk item-item tersebut.

Setiap item tentu memiliki kemampuan pasif yang harus dipancing dengan kondisi tertentu dan player harus mengetahui hal tersebut. Tentunya ini sangat penting agar dapat memanfaatkan potensi dari hero secara maksimal.

4. Tidak Handal Dalam Penguasaan Mental/ Macro Skill

Jika sudah mengetahui ketiga faktor di atas mulai dari emblem, skill hero hingga item, artinya penguasaan mental yang harus diasah. Bahkan faktor satu ini yang masih sering dialami oleh banyak pemain meskipun sudah paham dengan item, emblem maupun skill hero.

Sebagai pengingat, jangan terlalu mendengarkan kata orang bahwa kemampuan makro tersebut hanya untuk player hero Tank atau Roamer saja. Player Assassin, Fighter Marksman tidak perlu, yang penting adalah memiliki mekanik yang tinggi (skill).

Tunggu dulu, teori itu hanya terpakai hanya untuk player yang mainnya full team. Jadi mereka tidak harus tukar posisi bahkan mereka mainnya bisa sambil mengobrol entah menggunakan voice chat, aplikasi telepon masal atau mungkin sambil hangout bersama.

Apabila kondisi di atas itu benar, tentu tidak perlu pelajari mikro dan makro karena bisa sambil mengobrol. Tetapi, bagi yang bermain solo Rank, mungkin akan sedikit berbeda karena di sinilah faktor makro yang berbicara karena harus teliti melihat map, tahu kondisi satu tim atau situasi map yang mana yang dapat dibantu.

5. Tidak Menguasai Lebih Dari Satu Posisi

Tidak-Menguasai-Lebih-Dari-Satu-Posisi

Jika sudah paham pada step pada semua penjelasan di atas, minimal sudah sampai rank Epic saat ini. Agar bisa sampai ke posisi yang lebih tinggi, player harus menambahkan lagi kemampuan yang dimiliki.

Bukan hanya menguasai satu hero saja, tapi harus menguasai lebih lebih dari satu posisi atau role. Pada titik ini, secara otomatis akan menjadi lebih kompleks dan harus mengulik kembali seperti step sebelumnya dengan hero dan role yang berbeda.

idealnya, seorang player Mobile Legends harus bisa mengganti-ganti posisi yang ada. Dari 5 role yang ada, minimal harus menguasai 3 role dengan masing-masing hero hero tentu akan sangat bagus.

Tetapi, akan lebih baik apabila bisa menguasai lebih dari satu hero di role yang sama untuk antisipasi kalau hero yang akan dipakai ternyata di-pick atau di-banned oleh lawan. Ini yang sering dialami oleh banyak player dan ingin bertukar role dengan player lainnya.

Baca Juga: Kode Redeem ML Hari Ini No Limit 1 Menit Yang Lalu Terbaru 2023

6. Egois dan Tidak Percaya Dengan Tim

Masalah utama dalam permainan MOBA, khususnya Mobile Legends adalah saling mempercayai satu sama lain. Apalagi bermainan game ML pada saat kondisi solo rank membuat rasa percaya kepada tim sangat berkurang.

Inilah yang menjadi penyebab susah naik rank Mobile Legends dimana sifat tidak percaya kepada tim akan menimbulkan sifat egois. Misalnya jika sudah ada yang menggunakan Fighter, jangan gunakan Fighter lagi.

Tentunya ini sangat relate dengan faktor sebelumnya dikarenakan player hanya bisa menggunakan satu role saja. Tetapi ada juga yang bisa menggunakan banyak role, tapi masih maksa menggunakan role yang mereka sukai.

Di sinilah sifat mengalah dari player sangat diuji dan mau tidak mau harus menyesuaikan komposisi tim. Jangan sampai ikut-ikutan egois yang justru akan berujung dengan kekalahan bahkan mengalami lose streak terus-menerus.

7. Tidak Bisa Mengontrol Diri

Tidak-Bisa-Mengontrol-Diri

Penyebab susah naik rank Mobile Legends yang paling terasa adalah susah mengendalikan diri entah karena emosional. Alhasil, fokus dalam diri akan terganggu dan tidak dapat berkonsentrasi untuk menentukan strategi yang baik.

Biasanya, player yang tidak bisa mengontrol diri akan terus melakukan kesalahan atau blunder yang mengakibatkan kekalahan tim. Bahkan pemain yang handal dan ahli bisa kalah jika tidak menguasai diri karena berbagai hal.

Hal yang perlu dilakukan untuk menontrol diri adalah bermain dengan santai atau rileks sehingga dapat berpikir dengan jernih. Namun jika sudah terlanjur tidak dapat mengendalikan diri, sebaiknya untuk berhenti bermain.

Jangan pernah memaksakan diri pada kondisi yang tidak stabil karena akan mengakibatkan kekalahan yang beruntun. Faktor eksternal juga bisa mempengaruhi tingkat kontrol diri seperti pemain dari tim yang toxic, sebaiknya jangan meladeni dan disarankan untuk mematikan komentar.

8. Internet yang Tidak Stabil

Dari ketujuh faktor diatas, ada pun faktor yang tidak terduga adalah dari koneksi yang tidak stabil. Faktor ini jauh lebih menyakitkan dan justru menghilangkan semua planning yang telah dirancang dari awal permainan.

Hanya ada dua pilihan jika mengalami internet yang tidak stabil di antaranya kalah karena tidak ada kontribusi atau di-carry oleh tim. Tetapi 90% dari salah satu pemain yang mengalami internet buruk akan berujung kekalahan.

Meskipun pada akhirnya internet menjadi stabil setelah beberapa menit permainan tentu akan sangat merugikan karena player kalah item dan lainnya. Faktor ini tidak dapat dihindari dan sebaiknya periksa koneksi internet apakah baik atau tidak terlebih dahulu.

Satu-satunya cara jika internet yang dipakai selalu tidak stabil hingga berhari-hari tentu harus mengganti ke provider lain. Carilah provider yang cocok sesuai di kota player berada dengan memprioritaskan tingkat kestabilan internet saat bermain game dibandingkan kecepatan internet itu sendiri.

Baca Juga: Update PUBG Mobile 2.5 Global Terbaru Android dan iOS

Artikel Terkait