Home » Terbaru » Tutorial » Cara Menggambar Pemandangan Alam, Pantai, Gunung Mudah

Cara Menggambar Pemandangan Alam, Pantai, Gunung Mudah

wisnu June 18, 2024

Cara Menggambar Pemandangan ini memang sudah akan bisa di lakukan semua orang. Kini anak SD juga akan bisa menggambar pemandangan dengan mudah sesuai dengan kreasinya masing – masing. Tentu saja ini begitu mudah di lakukannya.

Meskipun gambarannya tidak sebagus orang – orang dewasa, akan tetapi keterampilan menggambar anak – anak SD ini memang patut di contoh. Karena dari yang biasa saja seperti ini lah nantinya akan bisa menjadi luar biasa untuk ke depannya.

Mungkin saat menggambar ini anak – anak juga harus membutuhkan contoh objek yang akan di gambar agar nantinya hasilnya juga begitu maksimal. Jadi dengan begitu, maka berlatih saja dari kecil agar nantinya akan bisa menciptakan gambaran yang bagus dan juga maksimal.

Untuk menggambar kini jangan khawatir lagi ya, karena sudah banyak sekali berbagai contohnya di internet dan beberapa Cara Menggambar Pemandangan Yang Mudah Untuk Anak SD juga sudah banyak sekali. Jadi kalau yang ingin tahu bagaimana caranya simak langsung saja penjelasannya berikut.

Cara Menggambar Pemandangan Dengan Mudah Untuk Semua Kalangan

Cara-Menggambar-Pemandangan-Dengan-Mudah-Untuk-Semua-Kalangan

Mungkin sekarang ini sudah banyak sekali berbagai pemandangan yang akan bisa di gambar oleh semua orang ya. Karena sekarang sudah banyak sekali berbagai objek yang nantinya akan bisa di gunakan sebagai contoh untuk bisa menggambar dengan hasil yang maksimal.

Mungkin masih banyak saja orang yang bingung Bagaimana Cara Menggambar Pemandangan ini. Nah, tenang saja pokoknya kalau sudah masuk dalam situs diskop.id ini ya. Karena kami akan memberikan berbagai Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah lho.

Kini semua orang bisa menggambar saja sesuai dengan kreativitas masing – masing. Akan tetapi agar hasilnya juga maksimal, maka perlu juga nih melihat berbagai contoh untuk bisa menggambarnya. Selain contoh gambar, kini ada berbagai cara juga yang bisa di lakukan oleh semua orang.

Ingin tahu bagaimana Cara Menggambar Pemandangan Yang Mudah? Nah, jika ingin mengetahuinya, maka bisa langsung simak saja yuk berbagai langkah – langkahnya berikut ini.

1. Cara Menggambar Pemandangan Gunung yang Indah dan Mudah

Cara-Menggambar-Pemandangan-Gunung-yang-Indah-dan-Mudah

Pertama kini bisa menggambar saja pemandangan gunung. Pastinya memang gunung ini merupakan salah satu objek yang paling banyak di contoh oleh semua kalangan untuk bisa menggambar.

Karena membuatnya yang mudah ini lah makanya objek tersebut kerap di gunakan. Bahkan dari anak SD hingga orang dewasa kini banyak yang menggunakan objek tersebut untuk menggambar pemandangan yang indah.

Jangan khawatir untuk menggambarnya ya, kini para pembaca bisa langsung ikuti saja beberapa tahap menggambar pemandangan gunung dengan mudah seperti di bawah ini.

  • Tentukan pemandangan gunung yang ingin di gambar. Ambil beberapa foto untuk mengamati detailnya.
  • Siapkan kertas dan peralatan menggambar seperti pensil, penghapus, penggaris, dan pensil warna.
  • Mulailah dengan membuat garis-garis dasar. Gambar garis horizontal untuk garis horizon, kemudian tentukan posisi gunung pada kertas dan gambar garis vertikal untuk menunjukkan ketinggian.
  • Tambahkan detail ke gunung. Perhatikan detail seperti topografi, bayangan, dan sorotan. Gunakan garis-garis halus untuk menunjukkan bentuk gunung dan gunakan garis-garis yang lebih keras untuk memberikan efek yang tajam dan kuat pada bagian yang lebih terang.
  • Gambar elemen lain dalam pemandangan seperti pepohonan, awan, dan sungai jika ada. Jangan lupa untuk menyesuaikan skala dan posisinya agar terlihat realistis.
  • Lanjutkan dengan menggambar detail lebih jauh. Tambahkan bayangan dan sorotan pada gunung untuk menunjukkan bentuk objek dan arah cahaya.
  • Gunakan pensil warna untuk memberikan efek yang lebih realistis atau unik pada gambar.
  • Akhiri gambar dengan menghapus garis-garis dasar dan menyelesaikan detail yang belum selesai. Gunakan penghapus untuk menghapus garis-garis yang tidak diperlukan dan tambahkan beberapa detail lain jika diperlukan.

Nah, itu lah beberapa cara yang bisa di lakukan agar nantinya semua orang bisa menggambar gunung dengan hasil yang maksimal, jadi ikuti saja beberapa caranya tersebut ya.

2. Cara Menggambar Pemandangan Pantai dengan Pensil

Cara-Menggambar-Pemandangan-Pantai-dengan-Pensil

Menggambar pemandangan pantai bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan. Gambar pantai ini kerap banyak di gunakan selain banyaknya orang yang menggambar pemandangan gunung.

Tentu saja menggambar pantai ini akan bisa memberikan hasil yang menakjubkan ketika orang – orang mencontohkan objek pantainya tersebut. Jadi memang gambar pantai ini juga akan lebih mudah untuk di lakukan semua orang karena tidak membutuhkan cara yang ribet.

Tenang saja, untuk bisa mendapatkan hasil gambar pantai yang maksimal, maka berikut adalah beberapa langkah yang dapat di ikuti untuk menggambar pemandangan pantai oleh semua kalangan.

  • Tentukan pemandangan pantai yang ingin di gambar sesuai dengan keinginan masing – masing
  • Mulailah dengan membuat garis-garis dasar. Gambar garis horizontal untuk garis horizon, kemudian tentukan posisi elemen pantai pada kertas dan gambar garis vertikal untuk menunjukkan ketinggiannya.
  • Tambahkan saja gambar pohon kelapa di pinggir pantai tersebut
  • Jangan lupa untuk di berikan matahari dan juga awan yang terdapat di atas lautan
  • Agar lautan tersebut bisa terlihat lebih maksimal, maka buat saja garis bergelombang seperti ombak di tengah – tengah gambar pantainya tersebut
  • Tambahkan juga beberapa objek lainnya seperti kapal dengan menggambarkan bulan sabit terlentang
  • Pembuatnya juga bisa langsung menggambar saja lukisan payung yang terdapat di pinggir pantai

Selamat mencoba! Ingatlah bahwa semakin sering melatih diri dalam menggambar, maka semakin mahir juga untuk menggambar pemandangan pantai.

3. Cara Menggambar Pemandangan Air Terjun

Cara-Menggambar-Pemandangan-AIr-Terjun

Selain bisa menggambar pemandangan gunung dan juga pantai, maka bisa menggambar saja pemandangan air terjun yang tentunya tak kalah menarik lho. Jadi memang menggambar pemandangan air terjun ini akan mudah juga untuk di lakukan ya.

Disini akan di berikan kebebasan untuk menggambar air terjun sesuai dengan yang di inginkan. Tentu saja sudah banyak sekali berbagai air terjun yang bisa di gambar sebagai contoh untuk menggambar nantinya.

Tentu saja dengan adanya contoh objek gambar dan juga cara – cara yang ada, maka semua kalangan juga akan bisa menggambarnya dengan mudah dan cepat. Langsung saja bagi yang ingin mengetahui bagaimana cara menggambarnya bisa langsung simak saja cara berikut ini.

  • Buat terlebih dahulu garis di pertengahan buku yang nantinya di jadikan sebagai garis pembatas antara air terjun dan tebingnya
  • Buatlah tebing dengan menggunakan garis meliuk turun naik di area atas garis dasar
  • Lalu gambar lagi garis meliuk tersebut di bagian bawahnya menyerupai tebing akan tetapi ukurannya lebih kecil
  • Gambar saja dua garis meliuk ke arah bawah hingga menjadi seperti air yang mengalir pada bagian tengah atas tebing
  • Lanjut di bagian bawah dua garis tersebut, maka bisa gambar saja lingkaran oval agar nantinya bisa menggambarkan efek air terjun yang mengalir ke bawah
  • Di bagian bawah nya lagi gambar saja setengah lingkaran atau bisa bentuk segitiga yang menyamping di tambah dengan bagian sisinya yang bergerigi agar tampak seperti rerumputan
  • Tambahkan saja objek lainnya seperti bebatuan yang bisa di gambarkan di antara tebing dan juga kolam air terjun tersebut
  • Nah, agar nantinya efek air terjun terlihat lebih nyata, maka tambahkan saja garis melengkung di bagian bawah yang mengarah ke atas sehingga nantinya akan tampak seperti air terjun yang mengalir

Nah, jadi itu dia beberapa Cara Menggambar Pemandangan Alam yang Mudah dan Indah. Kalau ingin hasilnya juga maksimal, maka ikuti saja beberapa langkahnya tersebut ya. Jangan lupa tambahkan saja pewarna pada objek yang sudah di gambar agar nantinya gambaran tersebut terlihat seperti nyata.

Artikel Terkait