Home » Terbaru » Agama » Batas Waktu Shalat Tarawih Sampai Jam Berapa Ya? Wajib Tahu!

Batas Waktu Shalat Tarawih Sampai Jam Berapa Ya? Wajib Tahu!

arsyad February 27, 2024

Batas Waktu Shalat Tarawih – Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan, bulan suci dalam agama Islam. Shalat tarawih dilakukan setelah shalat Isya dan dilakukan secara berjamaah atau sendirian di masjid atau di tempat lain yang ditentukan.

Dalam pelaksanaannya ada banyak perbedaan pendapat terkait waktu sholat tarawih bahkan terkadang menjadi perdebatan. Maka dari itu penulis disini akan merangkum jawaban yang tepat agar tidak lagi menjadi polemik yang berkesinambungan.

Batas Waktu Shalat Tarawih Yang Benar Menurut Hadis

Meskipun perdebatan menganai perbedaan waktu sholat tarawih tidak terlalu menjadi penghalang bagi ummat muslim untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Akan tetapi alangkah baiknya jika sesama muslim mengetahui waktu yang tepat dalam melaksanakan ibadah sholat tarawih. sehingga perdebatan tersebut dapat dilerai dengan baik dan pemahaman ilmu.

Sebaiknya ummat muslim yang akan melaksanakan sholat tarawih harus tepat waktu, dan jika ada beberapa pendapat yang bertentangan maka cukup ambil saja sesuai dengan yang diyakini.

Terkait waktu sholat tarawih Rosulullah SAW telah menyampaikan dalam sebuah hadisnya.

Adapun batas waktu shalat tarawih yang benar menurut hadis adalah seperti dibawah ini :

Artinya :

Dari ‘Aisyah istri Nabi : “Adalah Rasulullah melakukan shalat pada waktu setelah selesainya shalat Isya hingga waktu fajar (subuh) sebanyak 11 rakaat, mengucapkan salam pada setiap dua rakaat, dan melakukan witir dengan satu rakaat,” (HR Imam Muslim).

Dari hadis tersebut diatas dijelaskan bahwa waktu pelakasanaan sholat tarawih adalah pada saat selesai sholat Isya sampai terbitnya fajar subuh. Sedangkan menurut kebiasaan ummat muslim indonesia mengerjakan sholat tarawih yakni setelah selesai sholat isya, artinya lebih awal.

Beragam Pertanyaan Ummat Muslim Terkait Batasan Waktu Sholat Tarawih

Beragam Pertanyaan Ummat Muslim Terkait Batasan Waktu Sholat Tarawih

Meskipun sebagian dari pertanyaan terkait batasan waktu sholat tarawih sudah dijawab, akan tetapi rasanya belum puas jika beragam pertanyaan dibawah ini belum dijawab. Maka dari itu penulis akan mencoba untuk menjawabnya satu persatu dari pertanyaan tersebut. Agar mudah dipahami dan berharap tidak ada lagi perdebatan setelah memahami waktu sholat tarawih yang ditulis dalam artikel diskop.id.

Simak dibawah ini beragam pertanyaan ummat muslim terkait batasan waktu sholat tarawih berharap jawabannya dapat dipahami dengan baik.

Kapan Batas Waktu Shalat Tarawih Di Rumah ?

Sholat tarawih boleh dikerjakan dirumah baik secara berjamaah maupun sendirian, dengan rokaat sesuai kemampuan dan keikhlasan yang dipilih. Maka ketika melihat seorang muslim melaksanakan sholat tarawih dirumah tidak di masjid dengan berjamaah hal ini sah-sah saja.

Adapun jawaban dari pertanyaan kapan batas waktu shalat tarawih di rumah adalah dari selesainya mengerjakan sholat Isya hingga masuknya waktu sholat subuh. Karena mengerjakan sholat tarawihnya dirumah maka tidak ditentukan jam berapa melaksanakannya yang pasti diantara Isya dan subuh atau fajar.

Batas Waktu Shalat Tarawih Jam Berapa ?

Pertanyaan selanjutnya hampir sama dengan yang pertama akan tetapi lebih mengarah kepada jam yang dituju, untuk jawaban dari pertanyaan tersebut tergantung dari daerah yang ditempatinya, dalam hal ini penulis akan mencoba menjawabnya.

Adapun untuk daerah Lampung batas waktu shalat tarawih jam berapa ? jawabannya adalah pukul 20.00-0400 WIB

Kapan Batas Waktu Shalat Tarawih ?

Seperti yang telah dijawab dalam pertanyaan yang ada diatas, maka jawaban dari pertanyaan kapan batas waktu sholat tarawih adalah ? Dimulai setelah ba’da sholat isya sampai terbitnya fajar sodik.

Batas Akhir Shalat Tarawih Adalah ?

Adapun jawaban dari pertanyaan batas akhir shalat tarawih adalah pada saat masuknya sholat subuh atau fajar sodiq

Batas Waktu Salat Tarawih Adalah Sampai ?

Untuk jawaban terkait batas waktu sholat tarawih adalah sampai masuknya waktu fajar atau sholat subuh.

Batas Waktu Mengerjakan Shalat Tarawih Adalah ?

Adapun batas waktu mengerjakan shalat tarawih adalah ketika datangnya waktu fajar sodiq yakni waktu shalat subuh

Keutamaan Mengerjakan Sholat Tarawih

Keutamaan Mengerjakan Sholat Tarawih

Sebagai sunnah yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW bahkan Beliau tidak pernah meninggalkan sholat tarawih dalam hidupnya, tentu bagi ummatnya yang taat akan mengikuti jejak beliau SAW salah satunya rutin melaksanakan sholat tarawih.

Ibadah sunnah yang dicontohkan oleh Nabi SAW tentunya memiliki banyak keutamaan bagi seorang hamba yang mengerjakannya dengan tulus ikhlas hanya karena Allah SWT.

Adapun keutamaan mengerjakan sholat tarawih adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Iman dan Taqwa

Sholat tarawih jika dikerjakan dengan ikhlas hanya karena Allah semata. Bukan karena hal lainnya maka bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang. Karena dengan sholat tarawih dapat memperbanyak ibadah di bulan Ramadan sebagai bekal taqwa.

Pahala Yang Besar

Dalam sebuah keterangan dikatakan jika dalam setiap rakaat sholat tarawih yang dilakukan adalah khusyuk dan ikhlas. Maka akan mendapat pahala seperti mengerjakan sholat malam selama satu tahun penuh.

Menenangkan Hati dan Pikiran

Melakukan sholat tarawih juga dapat menenangkan hati dan pikiran seseorang karena pelaksanaannya adalah malam hari yang hening dan penuh ketenangan.

Meningkatkan Hubungan dengan Allah

Melaksanakan sholat tarawih secara rutin dan ikhlas hanya karena Allah SWT maka dapat membantu seseorang untuk lebih dekat dengan Allah. Sehingga dengan demikian secara tidak langsung seorang hamba dapat meningkatkan hubungan spiritual dengan-Allah SWT.

Melaksanakan Ajaran Rosulullah SAW

Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di bulan Ramadan tanpa ada yang tertinggal dalam satu bulan. Sehingga ketika ummat muslim mengikuti sunnah tersebut bisa menjadikan seorang hamba lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Penutup

Demikian lah ringkasan jawaban dari pertanyaan kapan Batas Waktu Shalat Tarawih yang ditulis dalam artikel diskop.id. Semoga bermanfaaat Wallahu A’lam…

Baca Juga :

Artikel Terkait