Home » Terbaru » Berita » Update iOS 16.4 Dirilis, Ini Jenis Iphone dan Deretan Fiturnya

Update iOS 16.4 Dirilis, Ini Jenis Iphone dan Deretan Fiturnya

wisnu March 29, 2023

Kabar terbaru dari Apple bahwa mereka telah merilis update iOS 16.4 kemarin, tanggal 28 Maret 2023. Tidak hanya itu saja, mereka juga merilis iPad OS 16.4 dan OS lainya untuk produk Apple lainnya.

Seperti yang diketahui bahwa iOS 16.4 beta stage pertamanya telah dirilis Apple dari tanggal 17 Februari 2023 lalu. Akhirnya, Apple merilis untuk official version-nya pada versi tersebut.

Bahkan untuk perangkat lainnya juga telah mendapatkan update iOS 15.7.4, khususnya pada iPhone 7 di bawahnya. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang update satu ini dapat simak ulasan berikut.

iOS 16.4 Rilis! Wajib Update Banyak Fitur Baru yang Keren dan Siap Menanti, Termasuk Update Major?

iOS-16-4-Rilis-Wajib-Update-Banyak-Fitur-Baru-yang-Keren-dan-Siap-Menanti-Termasuk-Update-Major

Biasanya untuk update iOS 16.4 termasuk ke dalam pembaruan besar dengan banyak perubahan. Lain halnya jika update iOS yang menggunakan 3 digit seperti 16.3.1, 16.3.2 atau lainnya merupakan minor update.

Tentu banyak yang semakin penasaran dengan update pada versi kali ini. Apakah memberikan fitur yang menarik yang berbeda dari versi sebelum, atau justru tidak ada bedanya. Itu yang akan admin diskop.id bahas secara lengkap di bawah ini.

1. Emoji Baru yang Berlimpah

Setelah melakukan update ke versi iOS 16.4, yang didapatkan pertama kali adalah emoji baru. Setelah diperiksa, ada sekitar 21 baru di iOS. Dari beberapa yang ditemukan dapat lihat daftar di bawah ini.

  • ekspresi baru
  • gestur tangan baru
  • aneka hewan (burung gereja, ubur-ubur, angsa dan lainnya)
  • benda-benda (sisir, marakas, suling dan lainnya)
  • makanan/ tumbuhan (kacang-kacangan, jahe dan lainya)
  • love (tosca, abu-abu dan magenta)

Jelasnya, itu hanya sementara saja dari beberapa yang ditemukan dari admin diskop.id. Untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan update dan temukan sendiri secara langsung.

2. Mic Mode/ Celullar Calling

Update selanjutnya dapat dikatakan sangat penting yang akhirnya masuk pada new update iOS 16.4. Hal yang sangat menggembirakan karena ada dua update sekalipun dalam mode cellular calling.

Celullar Calling ini memiliki dua update tambahan yang bisa dinikmati oleh para pengguna iPhone yang ingin mendapatkan opsi pada mode telepon. Keduanya yaitu Voice Isolation dan Wide Spectrum.

Biasanya yang paling banyak digunakan adalah fitur Voice Isolation dimana saat menelpon dapat memblokir semua suara yang konstan seperti suara keramaian bahkan suara mesin mobil. Sementara Wide Spectrum adalah kebalikannya dan ini cocok bagi lawan bicara yang ingin mendengar konser.

3. Notification Website

Fitur berikutnya yang bisa didapatkan pada iOS 16.4 update download ini adalah notification website yang telah ditambahkan ke home screen. Ini sangat cocok untuk kegiatan mobilitas pengguna di website yang sering dikunjungi.

Sebagai contoh, misalnya seseorang seringkali membaca artikel di website apapun dapat ditambahkan langsung ke home screen. Caranya hanya dengan tekan tombol Share dan pilih Add to Home Screen. Jadi ini hanya semacam shortcut agar lebih cepat kembali ke website tersebut.

Namun fungsi sebenarnya adalah di notifikasinya dimana sangat cocok untuk website yang tidak memiliki aplikasi yang ada di App Store. Apabila website tersebut memiliki update terbaru, nantinya akan muncul semacam notifikasi layaknya sebuah aplikasi.

4. ICloud Duplicates Detection

Sebelumnya di fitur iOS sudah terdapat fitur duplicate yang berguna untuk mengetahui foto atau video mana yang terduplikasi. Lalu, apa yang membedakannya dengan versi iOS 16.4 satu ini? terdapat penyempurnaan terhadap iCloud.

Jika melakukan update ke versi baru, nantinya pengguna bisa membaca file foto atau video mana yang terduplikasi dari iCloud photoshare atau iCloud photo library. Jadi, bagi yang telah mem-backup foto atau video ke iCloud tentu tidak perlu risau lagi.

5. Product Coverage

Kemudian jika masuk ke setting, lalu general dan about, nantinya ada fitur Coverage. Lantas, apa kegunaan dari fitur tersebut? dapat dibilang sangat penting karena berkaitan dengan warranty.

Saat memasuki fitur Coverage akan ada status Warranty atau garansi Apple Device yang terdaftar dengan Apple ID. Jadi, ini akan sinkron sesuai Apple ID yang masuk ke semua produk yang dimiliki.

6. Apple Music UI

Bagi yang senang mendengarkan musik menggunakan Apple Music tentu ini suatu kesenangan tersendiri bagi pengguna-nya. Bagaimana tidak, UI dari Playlist-nya terlihat minimalis dan tidak sebesar dari versi sebelumnya.

Tidak hanya itu, ada juga semacam tambahan kecil yang terletak pada “Add to Playlist” atau “Play Next”, notifikasinya diperkecil dan terlihat kekinian yang tidak dirasakan pada versi lalu.

7. Improvisasi Apple Pencil

Khusus pengguna iPad, pihak Apple telah mengimprovisasi pada fitur pencil hover. Sangat disarankan bagi yang sering menggunakan fitur tersebut harus update sekarang ke versi iPad 16.4 agar mendapatkan experience yang semakin optimal.

8. Baterai dan Performa

Kesan-kesan yang didapatkan setelah update ke versi 16.4 tentu mendapatkan performa yang lebih baik dari sebelumnya. Animasi maupun lainnya terbilang sangat smooth dan belum menemukan bug sama sekali.

Selain itu, pada performa baterainya juga terbilang lebih awet dari sebelumnya. Bagaimana, tertarik untuk langsung beralih ke versi iOS terbaru yang memiliki banyak manfaat kali ini.

Baca Juga: Nada Dering IPhone X, 11, 12, 13 Pro Max Keren & Menarik Mp3

Sebelum Beralih ke Versi Baru! Ketahui Kekurangan Update iOS 16.4 iPhone, Bug Status WA Belum Beres?

Sebelum-Beralih-ke-Versi-Baru-Ketahui-Kekurangan-Update-iOS-16-4-iPhone-Bug-Status-WA-Belum-Beres

Meskipun memiliki banyak update terbaru yang telah dijelaskan diatas, tentunya tidak pernah melupakan beberapa kekurangannya. Beberapa kekurangan ini telah dirangkum dari keluhan beberapa pengguna di forum maupun lainnya.

Lens Flare: Ada yang mengatakan bahwa update iOS 16.4 belum bisa menghilangkan flare atau bayangan hijau dan garis-garis saat membuka kamera dalam mode foto dan video. Tentunya masalah seperti ini harus segera ditangani oleh pihak Apple karena benar-benar mengganggu.

Bug Volume: Bukan hanya itu saja, ada pengguna iPhone yang mengalami masalah seperti bug saat membuka aplikasi YouTube. Diketahui, masalah tersebut muncul saat slider volume dimana tampil dalam model layar Full.

Bug di Status WA: Ternyata masalah yang ramai dikeluhkan pengguna iPhone yang telah update ke versi ini adalah bug di status WA. Masalahnya saat memutar status yang memiliki lagu akan mengalami delay. Bahkan lagu tersebut akan terbawa di status pengguna lain.

Bingung Beralih ke Versi Terbaru? Cara Update iOS 16.4 Paling Mudah, Siapkan Banyak Kuota!

Bingung-Beralih-ke-Versi-Terbaru-Cara-Update-iOS-16-4-Paling-Mudah-Siapkan-Banyak-Kuota

Setelah melihat beberapa keunggulan dan kekurangan dari update satu ini dan diputuskan untuk tetap melakukan update, tentu harus mengetahui satu hal yang penting.

Tidak lain adalah menyiapkan kuota yang banyak atau bisa menggunakan WiFi tetangga, kantor ataupun Cafe. Pasalnya, ukuran file update iOS 16.4 yang harus diunduh sebesar 1,97 GB.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah melakukan backup data terlebih dahulu, gunakan jaringan yang stabil dan pastikan bahwa baterai iPhone tidak di bawah 50%.

Berikut ini adalah langkah-langkah update iOS 16.4 lengkap:

  • Pertama, buka Setting dan General
  • Kemudian pilih Software Update dan iPhone akan mengecek update terakhir
  • Jika muncul update iOS 16.4, silahkan pilih Download and Install
  • Jika muncul pilihan opsi download, pilih sesuai jaringan yang digunakan. Contohnya, jika menggunakan WiFi dapat pilih Don’t Use Cellular Data
  • Jika telah selesai mengunduh, nantinya ponsel akan langsung restart dan mulai proses update secara otomatis
  • Selesai.

Secara keseluruhan, semua fitur-fitur yang telah diperbarui pada update iOS 16.4 mulai dari performa maupun baterai-nya sejauh ini masih sangat baik. Terkait kekurangannya, tentu pihak Apple selalu memperbaikinya melalui update terbaru.

Baca Juga: MB WhatsApp iOS (MB WA) Apk Iphone & Android Terbaru 2023

Artikel Terkait