Home » Terbaru » Agama » Nama-Nama Nabi dan Rasul Berikut Tugas, Kisah & Mukjizatnya

Nama-Nama Nabi dan Rasul Berikut Tugas, Kisah & Mukjizatnya

arsyad April 19, 2024

Nama-Nama Nabi – Nabi ialah seorang utusan Allah yang dipilih untuk menyampaikan ajaran dan wahyu-Nya kepada manusia. Mereka diutus untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umat manusia agar kembali ke jalan yang benar dan taat kepada Allah SWT.

Para nabi ini dianggap sebagai teladan yang harus diikuti oleh umat manusia dalam menjalani hidupnya di dunia ini. Selain itu, para nabi juga diberikan mukjizat oleh Allah SWT sebagai bukti kebenaran ajaran yang mereka bawa.

Meskipun setiap nabi memiliki tugas dan mukjizat yang berbeda-beda, tujuan utama mereka adalah sama yaitu menyampaikan ajaran Allah dan membimbing umat manusia menuju jalan yang benar. Dalam Islam, terdapat 25 nabi dan rasul yang diakui sebagai utusan Allah

Nama-Nama Nabi Dan Tugasnya

Nama-Nama Nabi Dan Tugasnya

Sebagai seorang nabi yang menjadi manusia pilihan Allah tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab berat yakni menyerukan ajaran tauhid. Serta menyampaikan wahyu yang diturunkan Allah melalui malaikat jibril.

Untuk wahyu sendiri sebagai seorang nabi dan rosul bukan hanya dipakai untuk dirinya sendiri melainkan wajib disampaikan juga kepada ummatnya.

Berikut dibawah ini nama-nama Nabi dan tugasnya :

Nabi Adam AS :

Nabi Adam AS merupakan nabi pertama dalam Islam dan diberikan tugas sebagai khalifah di bumi. Tugasnya adalah untuk menjaga dan memelihara bumi beserta isinya. Selain itu, Nabi Adam juga diberikan tugas untuk mengajarkan ajaran Tauhid (keyakinan kepada keesaan Allah) kepada keturunannya.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Adam adalah diciptakannya Allah SWT Adam dari tanah yang berasal dari berbagai tempat di bumi. Selain itu, mukjizat lain yang diberikan kepada Nabi Adam adalah Allah SWT memberikan pengetahuan kepada Nabi Adam tentang nama-nama makhluk di bumi. Nabi Adam juga diberikan keistimewaan untuk berbicara langsung dengan Allah SWT.

Namun, Nabi Adam juga mengalami ujian dalam hidupnya ketika ia dan istrinya Hawa dikeluarkan dari surga setelah melakukan pelanggaran terhadap perintah Allah SWT. Meskipun mengalami ujian tersebut, Nabi Adam tetap dianggap sebagai nabi yang mulia dan dihormati dalam Islam.

Nabi Idris AS :

Nabi Idris adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT dalam agama Islam. Menurut sejarah, Nabi Idris hidup sebelum Nabi Nuh dan termasuk ke dalam golongan nabi-nabi yang pertama kali diutus oleh Allah SWT setelah nabi Adam.

Nabi Idris dikenal sebagai sosok yang sangat bijaksana dan memiliki ilmu yang luas. Ia diberikan kemampuan oleh Allah untuk memahami dan mengajarkan ilmu pengetahuan.

Termasuk ilmu astronomi, matematika, dan pertanian. Selain itu, Nabi Idris juga dihormati sebagai tokoh yang sangat taat dan tawakal kepada Allah SWT. serta ia juga dianggap sebagai salah satu dari 4 nabi yang pandai menulis.

Kisah Nabi Idris terdapat dalam kitab suci Al-Quran dan juga dalam kitab-kitab hadis. Beberapa kisah yang diceritakan tentang Nabi Idris antara lain, ia diangkat ke langit oleh Allah SWT dan diberikan kemuliaan serta pengetahuan yang lebih luas lagi.

Nabi Hud AS :

Nabi Hud AS diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran Tauhid kepada kaum Ad yang hidup pada masa itu. Kaum Ad ialah bangsa yang kaya dan kuat, akan tetapi mereka menyekutukan Allah SWT dan melakukan kezaliman kepada sesama manusia.

Nabi Hud AS menyampaikan ajarannya dan menyeru kaum Ad agar bertaubat dan beribadah kepada Allah SWT semata. Akan tetapi kaum Ad malah memperolok-olok dan menolak seruan Nabi Hud AS. Mereka terus melakukan kezaliman dan mengabaikan seruan Nabi Hud AS.

Allah SWT kemudian memberikan mukjizat kepada Nabi Hud AS, salah satu mukjizat tersebut adalah diadakannya badai angin yang sangat kuat yang menghancurkan rumah-rumah dan memporak-porandakan bangunan-bangunan mereka.

Kemudian Nabi Hud AS memohon kepada Allah SWT untuk mengampuni kaum Ad, namun sayangnya kaum Ad tetap ingkar dan tiak mau mengikuti ajakan Nabi Hud AS.

Nabi Shaleh AS :

Nabi Shaleh AS adalah salah satu dari nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk kaum Madyan. Yang merupakan suku yang hidup di wilayah timur laut Hijaz “sekarang termasuk wilayah Arab Saudi”.

Tugas utama Nabi Shaleh adalah untuk mengajak kaum Madyan agar kembali kepada jalan yang benar, meninggalkan kebiasaan buruk dan dosa-dosa yang mereka lakukan, serta mengajarkan ajaran-ajaran tauhid kepada mereka.

Nabi Shaleh juga diberi tugas untuk mengingatkan kaum madiyan akan hari kiamat, di mana setiap manusia akan dipertanggungjawabkan atas perbuatannya.

Nabi Shaleh diberikan Allah beberapa mukjizat sebagai bukti kebenaran risalahnya. Salah satunya adalah beliau dapat mengeluarkan seekor unta betina dari sebuah batu besar, yang kemudian menjadi sumber air untuk kaum Madyan.

Selain itu, Nabi Shaleh juga mampu berbicara dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh semua orang, termasuk binatang.

Akan tetapi sangat disayangkan, kaum Madyan tidak mengikuti ajakan Nabi Shaleh dan tetap terus melakukan perbuatan dosa dan kezaliman. Hal ini membuat Allah SWT sangat murka dan membinasakan kaum Madyan dengan bencana yang dahsyat. Yaitu gempa bumi yang disertai badai dan petir yang menyebabkan mereka binasa secara total.

Hanya sedikit orang yang selamat dari bencana tersebut, yaitu mereka yang mengikuti ajakan Nabi Shaleh dan beriman kepada Allah SWT.

Nabi Luth AS :

Nabi Luth AS merupakan salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada umat manusia. Nabi Luth diutus untuk kaum Sodom merupakan suku yang hidup di wilayah Laut Mati.

Tugas utama Nabi Luth adalah untuk mengajak kaum Sodom agar kembali kepada jalan yang benar, meninggalkan perbuatan dosa dan kezaliman, serta mengajarkan ajaran-ajaran tauhid kepada mereka.

Akan tetapi, kaum Sodom tidak mengikuti ajakan Nabi Luth dan tetap melanjutkan kebiasaan buruk mereka, yakni perbuatan dosa dan kezaliman. Hal ini membuat Allah SWT sangat murka dan membinasakan mereka dengan bencana yang dahsyat

Beberapa mukjizat nabi Luth sebagai bukti kebenaran risalahnya. Salah satu mukjizatnya adalah ketika ia dijatuhi tangga-tangga dari langit untuk membuktikan kebenarannya. Selain itu, Nabi Luth juga mampu berbicara dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh semua orang, termasuk binatang.

Nama-Nama Nabi Beserta Mukjizatnya

Nama-Nama Nabi Beserta Mukjizatnya

Nabi Ismail AS :

Nabi Ismail lahir di Mekah dan tumbuh menjadi pemuda yang saleh dan taat kepada Allah SWT. Salah satu tugas utama Nabi Ismail adalah mengajarkan ajaran Islam kepada umatnya dan menjadi panutan bagi umat Islam.

Mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ismail adalah ketika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk mempersembahkan putranya sebagai tanda kesetiaan dan pengabdian kepada Allah. Nabi Ismail termasuk dalam nama-nama Nabi 25 dengan ikhlas menerima perintah tersebut dan siap untuk disembelih sebagai persembahan kepada Allah.

Akan tetapi, sebelum tindakan tersebut terjadi, Allah SWT mengirimkan seekor domba sebagai ganti persembahan Nabi Ismail. Dari situ, tercipta lah tradisi kurban di dalam Islam yang di peringati setiap tahunnya.

Nabi Ishaq AS :

Nabi Ishaq lahir setelah Nabi Ibrahim dan Sarah sudah tua dan sebelum kelahirannya, Allah SWT telah menjanjikan kepada Nabi Ibrahim bahwa dia akan mempunyai seorang putra yang akan meneruskan ajaran-ajarannya. Nabi Ishaq tumbuh menjadi seorang nabi yang taat dan saleh.

Tugas utama Nabi Ishaq adalah untuk menyebarkan ajaran Islam dan mengajak umat manusia untuk menyembah Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang Maha Esa. Ia juga meneruskan ajaran-ajaran yang telah diajarkan oleh bapaknya yakni Nabi Ibrahim.

Salah satu mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ishaq adalah ketika Allah SWT menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Nabi Ishaq juga diangkat sebagai panutan dalam hal sabar dan tawakal kepada Allah SWT.

Nabi Ya’kub AS :

Nabi Ya’kub adalah salah satu nabi dalam agama Islam dan merupakan putra dari Nabi Ishak dan cucu dari Nabi Ibrahim. Nabi Ya’kub tumbuh menjadi seorang nabi yang saleh dan taat kepada Allah SWT.

Tugas utama Nabi Ya’kub adalah menyebarkan ajaran Islam dan mengajak umat manusia untuk menyembah Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang Maha Esa.

Salah satu mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ya’kub termasuk juga nama-nama Nabi 25 adalah ketika ia diberikan kekuatan untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Ia juga diberikan kebijaksanaan untuk mengatasi segala macam kesulitan dan masalah yang dihadapinya.

Kisah terkenal dalam kehidupan Nabi Ya’kub adalah ketika ia mengalami musibah kehilangan putra kesayangannya, Nabi Yusuf. Akan tetapi, Nabi Ya’kub tidak berputus asa dan tetap memohon bantuan dari Allah SWT. Allah SWT kemudian menyelamatkan Nabi Yusuf dan menyatukan kembali keluarga Nabi Ya’kub.

Nabi Yusuf AS :

Nabi Yusuf adalah salah satu nabi dalam agama Islam dan merupakan putra dari Nabi Ya’kub. Nabi Yusuf tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan dan berakhlak mulia.

Tugas utama Nabi Yusuf ialah menyebarkan ajaran Islam dan mengajak umat manusia untuk menyembah Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang Maha Esa.

Salah satu mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Yusuf adalah ketika ia diberikan kemampuan untuk menafsirkan mimpi. Hal ini membuat Nabi Yusuf diangkat menjadi penasihat bagi raja Mesir pada masa itu.

Kisah terkenal dalam kehidupan Nabi Yusuf adalah ketika ia dijebak oleh saudara-saudaranya dan dijual ke Mesir sebagai budak. Namun, Allah SWT menolong Nabi Yusuf dan ia kemudian diangkat menjadi raja di istana raja Mesir.

Nabi Ayub AS :

Nabi Ayub adalah salah satu nabi dalam agama Islam dan dikenal sebagai sosok yang sangat sabar dan tawakal taat kepada Allah SWT. Tugas utama Nabi Ayub ialah menyebarkan ajaran tauhid dan mengajak umat manusia untuk menyembah Allah SWT.

Salah satu mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ayub adalah ketika ia diberikan kesabaran dalam menghadapi ujian yang sangat berat. Nabi Ayub menderita sakit yang parah dan kehilangan segala sesuatu yang dimilikinya. Akan tetapi ia tetap sabar dan tidak pernah mengeluh.

Ketika nabi Ayub ia diuji oleh Allah SWT dengan sakit yang sangat berat dan kehilangan segala harta kekayaannya. Nabi Ayub tidak pernah menyalahkan Allah SWT dan selalu bersyukur atas segala yang diberikan-Nya.

Allah SWT kemudian memberikan mukjizat kepada Nabi Ayub berupa kesembuhan dari sakit yang dideritanya dan mengembalikan segala harta kekayaannya yang hilang.

Nabi Shu’aib As

Nabi Shu’aib A.S. adalah seorang nabi dari kalangan kaum Madyan yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada kaum tersebut. Nabi Shu’aib memiliki tugas utama untuk mengajarkan ajaran tauhid dan menegakkan keadilan di tengah-tengah masyarakat Madyan yang korup.

Mukjizat Nabi Shu’aib adalah ketika ia meminta kepada kaum Madyan untuk menghentikan tindakan curang dalam perdagangan. Nabi Shu’aib memberitahu mereka bahwa Allah sedang mengawasi semua perbuatan mereka.

Jika mereka terus melakukan kecurangan maka mereka akan mendapat siksaan dari Allah tiba-tiba, terjadi gempa yang sangat besar dan menghancurkan seluruh perdagangan mereka.

Mukjizat Nabi Shu’aib selanjutnya terjadi ketika ia memohon kepada Allah untuk menunjukkan kebenaran ajarannya. Allah mengabulkan doa Nabi Shu’aib, dan sebuah awan besar turun dari langit dan menutupi seluruh masyarakat Madyan.

Ketika awan itu pergi, semua orang yang berada di bawahnya telah menjadi orang yang beriman dan mengikuti ajaran Nabi Shu’aib.

Nabi Shu’aib juga memiliki kelebihan dalam bidang perdagangan dan dianggap sebagai ahli dalam hal itu. Ia juga dikenal sebagai nabi yang sangat penyayang terhadap umatnya dan selalu mengajak mereka untuk mengikuti jalan yang benar.

Nabi Harun As

Nabi Harun merupkan saudara kandung dari Nabi Musa dan juga seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk membantu saudaranya dalam menyampaikan wahyu. Tugas utama Nabi Harun adalah untuk menjadi pendamping dan pembantu Nabi Musa dalam membebaskan Bani Israel dari perbudakan di Mesir.

Salah satu mukjizat Nabi Harun adalah tongkatnya yang dapat berubah menjadi ular besar seperti halnya yang dimiliki oleh Nabi Musa. Selain itu, Nabi Harun juga menerima mukjizat lain, yaitu kemampuan untuk mengubah logam menjadi emas.

Nabi Harun mengalami kesulitan dalam memimpin umatnya yang seringkali memberontak dan tidak patuh terhadap ajaran Allah SWT. Salah satu peristiwa terkenal yang melibatkan Nabi Harun adalah ketika ia dituduh oleh beberapa anggota Bani Israel telah membuat patung anak sapi yang disembah sebagai tuhan.

Akan tetapi Nabi Harun berhasil membela dirinya dan membawa kembali umatnya pada kebenaran dan kepatuhan kepada Allah SWT. Ia meninggal di Gunung Hor di sebelah selatan Tanah Kanaan dan dimakamkan di sana.

Nama-Nama Nabi Dan Rasul Allah Swt

Nabi Zulkifli a.s.

Nabi Zulkifli adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT kepada umatnya di Babilonia pada masa itu. Tugas utama Nabi Zulkifli adalah untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umatnya. Serta membimbing mereka agar berpaling dari kesesatan dan kembali kepada jalan yang benar.

Nabi Zulkifli As memiliki beberapa mukjizat, termasuk kemampuan untuk membangkitkan orang mati dan menyembuhkan orang sakit. Meskipun mengalami kesulitan dan cobaan, Nabi Zulkifli tetap teguh dan berhasil mengembalikan umatnya pada jalan yang benar.

Nabi Daud As

Nabi Daud a.s. adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah-Nya kepada umat manusia. Beliau adalah salah satu nabi yang wajib diimani dalam agama Islam dan memainkan peran penting dalam sejarah Bani Israel.

Tugas Nabi Daud a.s. sebagai seorang nabi adalah untuk menyebarkan agama yang benar dan mengajarkan umat manusia untuk berbuat kebaikan. Selain itu, beliau juga diutus untuk memerintah Bani Israel sebagai seorang raja yang adil

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Daud a.s. antara lain adalah kekuatan fisik yang luar biasa, sehingga beliau mampu mengalahkan raksasa Goliath dengan sekali lemparan batu.

Selain itu, beliau juga diberi kelebihan dalam bersyair, sehingga suaranya sangat merdu dan menyejukkan hati. Bahkan menurut beberapa riwayat, beliau menciptakan beberapa mazmur yang masih terkenal hingga saat ini.

Nabi Sulaiman As

Nabi Sulaiman as adalah putra dari Nabi Daud as. Setelah ayahnya wafat, Nabi Sulaiman as diangkat menjadi raja oleh Allah SWT. Ia memiliki kebijaksanaan dan kecerdasan yang luar biasa serta mampu berkomunikasi dengan hewan dan jin. Ia menjadi raja yang adil dan merata, sehingga rakyatnya hidup dalam kebahagiaan dan kedamaian.

Nabi Sulaiman As memiliki tugas untuk memerintah kerajaannya dengan adil dan merata serta mengajarkan ajaran Islam kepada rakyatnya. Selain itu, ia juga diberi tugas untuk membangun Masjidil Aqsha di Yerusalem.

Nabi Sulaiman As memiliki beberapa mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. Salah satu mukjizatnya adalah kecerdasan dan kebijaksanaannya yang luar biasa. Ia juga mampu berbicara dengan hewan, termasuk burung-burung, semut, dan serigala, serta dapat mengendalikan angin dan menjadikan tembok dari permata.

Nabi Ilyas As

Nabi Ilyas As adalah termasuk salah satu dari 25 nabi dan Rosul yang diberikan tugas oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu. Beliau diutus di kampung ba’labak berada disebelah barat damaskus. Adapun penduduknya merupaka kaum penyembah berhala yakni bani israil.

Tugas nabi Ilyas salah satunya adalah mengajakl kaumnya untuk meninggalkan berhala dan menyembah Allah SWT. Akan tetapi hal ini ditentang keras oleh kaumnya karena mereka lebih percaya dengan sesembahannya dibandingkan dengan tuhan yang disembah Nabi Ilyas As.

Salah satu mukjizat nabi Ilyas As adalah dapat menghidupkan kembali orang yang sudah mati, dengan izin Allah orang yang sudah mati dapat dibangkitkan kembali oleh nabi Ilyas As.

Nabi Ilyasa a.s.

Nabi Ilyasa merupakan salah satu seorang nabi dan Rosul Allah yang diutus untuk menyampaikan wahyu. Dan mengajak kaumnya untuk menyembah tuhan yang maha Esa.

Salah satu mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Ilyasa As adalah dapat menyembuhkan segala macam penyakit dengan cara sabar. Bahkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan oleh dokter, nabi Ilyasa As dapat menyembuhkannya atas izin Allah SWT.

Nama-Nama Nabi Dan Rasul

Nabi Yunus a.s.

Nabi Yunus As merupakan salah satu nabi dan Rosul yang ada 25, memiliki tugas yakni untuk menyampaikan risalah wahyu kepada ummatnya. Sekaligus mengajak semua ummatnya untuk memeluk agama tauhid.

Salah satu mukjizat Nabi Yunus As adalah dapat selamat dan hidup dalam perut ikan yang besar. Beliau ditelan ikan karena sempat menolak perintah dakwah didaerah tersebut. Dalam hal ini nabi Yunus langsung bertaubat memohon ampunan kepada Allah SWT atas sikapnya yang menolak perintah untuk berdakwah.

Nabi Zakaria a.s.

Nabi Zakaria As termasuk salah satu nabi yang waji diimani karena masuk dalam daftar 25 nabi dan Rosul. Tugas yang diberikan Allah kepada nabi zakaria adalah menyampaikan wahyu atau risalah kepada kaumnya.

Salah satu mukjizat yang perlu ditiru adalah dapat memiliki anak meskipun sebenarnya kondisi tubuh nabi zakaria As dan istri beliau sudah tua. Selain itu beliau juga memiliki mukjizat bisa berbicara langsung dengan malaikat jibril.

Nabi Yahya a.s.

Nabi Yahya As adalah salah satu nabi yang wajib dihafalkan namanya karena termasuk dalam 25 nabi dan Rosul. Allah berikan tugas kepada nabi Yahya As yakni menyebarkan agama tauhid.

Mukjizat yang dimiliki oleh nabi Yahya salah satunya adalah mampu berkomunikasi sejak berada didalam kandungan. Hal ini dikisahkan ketika nabi Yahya As menemui bunda Maryam. Kemudian nabi Yahya berkata pada ibunya bahwa yang ada didalam kandungan ibu maryam kelak akan menjadi seorang nabi.

Nama-Nama Nabi Di Bawah Ini Yang Bergelar Ulul Azmi

Nama-Nama Nabi Di Bawah Ini Yang Bergelar Ulul Azmi

Ulul Azmi merupakan sebuah gelar istimewa yang diberikan kepada seorang nabi, tentunya mempunyai kedudukan husus dalam memimpin ummatnya. Dalam hal ini para nabi yang memiliki gelar tersebut sangatlah sabar dan tabah mensyiarkan dakwah tauhid.

Berikut dibawah ini nama-nama Nabi ulul azmi :

Nabi Nuh AS :

Nabi Nuh AS merupakan salah satu nabi yang kisahnya diabadikan dalam Al-Quran dan merupakan kisah yang paling banyak disebutkan didalamnya. Berikut ini adalah ringkasan dari kisah Nabi Nuh dan tugas serta mukjizatnya:

Nabi Nuh AS diutus oleh Allah SWT untuk menyebarkan ajaran Tauhid dan menyeru umat manusia agar beribadah hanya kepada Allah SWT semata. Nabi Nuh AS diberi tugas untuk menyampaikan ajaran ini kepada bangsa yang membangkang dan melakukan kezaliman, dan kebanyakan dari mereka menolak seruan Nabi Nuh AS.

Nabi Nuh AS memperingatkan bangsa itu selama bertahun-tahun dengan sabar dan penuh kesabaran, tetapi mereka tidak mendengarkan seruannya. Mereka malah memperolok-olok dan mengejeknya.

Setelah bertahun-tahun memperingatkan mereka, Nabi Nuh AS diperintah oleh Allah SWT membangun sebuah kapal besar. Untuk menyelamatkan dirinya, keluarganya, dan beberapa umat yang beriman dari banjir besar yang akan datang.

Kapal tersebut berhasil dibangunnya dan sangat kokoh juga besar dan kuat, ini termasuk salahs atu mukjizat Nabi Nuh AS. Kapal besar tersebut dapat menampung hewan dan umat manusia yang beriman.

Selain itu, mukjizat Nabi Nuh AS juga mampu untuk berbicara dengan binatang, sehingga ia dapat meminta binatang-binatang untuk masuk ke dalam kapal dan duduk di tempat yang sudah disediakan.

Pada saatnya banjir besar pun datang seluruh bangsa yang durhaka dan menolak ajakan Nabi Nuh AS habis dilanda banjir. Hanya Nabi Nuh AS beserta keluarganya dan umat yang beriman yang selamat di atas kapal tersebut.

Setelah banjir reda, kapal Nabi Nuh AS mendarat di suatu tempat dan Nabi Nuh AS termasuk nama-nama Nabi Ulul Azmi diberi tugas untuk memulai kehidupan baru dengan membangun masyarakat yang taat beribadah kepada Allah SWT.

Nabi Ibrahim AS :

Nabi Ibrahim AS adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran Tauhid kepada umat manusia. Nabi Ibrahim merupakan nenek moyang dari agama islam yakni Tauhid.

Tugas utama Nabi Ibrahim adalah untuk menyeru manusia untuk kembali kepada jalan yang benar dan meninggalkan perbuatan dosa dan kezaliman. Selain itu, ia juga diutus untuk mengajarkan ajaran-ajaran tauhid kepada umat manusia.

Salah satu mukjizatnya adalah ketika ia dijatuhi ke dalam api besar oleh raja Namrud, namun api tersebut tidak membakarnya karena Allah SWT menurunkan malaikat Jibril untuk membantu melindunginya.

Selain itu, Nabi Ibrahim juga termasuk nama-nama Nabi Ulul Azmi diberikan mukjizat berupa kesembuhan untuk orang yang sakit dan membuat burung-burung datang kepada dirinya.

Nabi Musa As

Nabi Musa adalah salah satu nabi yang terkenal dan dimuliakan dalam Islam Ia diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu. Kepada Firaun dan umat Bani Israel yang saat itu hidup dalam kegelapan dan kesengsaraan di Mesir.

Tugas utama Nabi Musa ialah membebaskan Bani Israel dari perbudakan di Mesir dan membawa mereka ke Tanah Kanaan yang dijanjikan. Allah memberikan banyak mukjizat kepada Nabi Musa untuk membantunya dalam misinya.

Salah satu mukjizat Nabi Musa ialah tongkat beliau yang dapat berubah menjadi ular besar ketika ia melemparkannya ke tanah. Kemudian ketika Nabi Musa memegang ular itu, ia kembali menjadi tongkat seperti semula.

Mukjizat lainnya ketika Nabi Musa membelah Laut Merah dengan tongkatnya dan memungkinkan Bani Israel untuk melintas di tengah laut yang kering itu. Sementara tentara Firaun yang mengejar mereka tenggelam dalam air.

Nabi Isa a.s.

Nabi Isa As merupakan salah satu nabi yang dilahirkan oleh ibunda Siti Maryam tanpa seorang ayah. Tugas yang diemban oleh nabi Isa adalah mengajak ummatnya kejalan yang benar yakni agama tauhid.

Mukjizat yang dimiliki oleh nabi Isa As salah satunya adalah dapat berbicara semenjak masih kecil atau bayi.

Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah nabi penutup dari para nabi sehingga tidak ada lagi nama nabi setelah Rosulullah SAW. Tugas Nabi Muhammad SAW adalah menyampaikan wahyu Al-qur’an yang sampai saat ini dijadikan pedoamn ummat muslim.

Salah satu mukjizat yang diberikan Allah SWT kepda nabi Muhammad adalah peristiwa Isra’ Mi’raj dengan sekilas beliau diantar malaikat untuk bertemu langsung dengan Allah. Di dalam peristiwa inilah Allah memberikan perintah sholat lima waktu yang sampai dengan saat ini dikerjakan oleh orang mukmin.

Baca Juga :

Artikel Terkait