Home » Terbaru » Agama » Doa Agar Hati Tenang Dimudahkan Segala Urusan Arab & Latin

Doa Agar Hati Tenang Dimudahkan Segala Urusan Arab & Latin

yasmin July 14, 2024

Doa Agar Hati Tenang – Sebagai umat muslim yang berhakikat layaknya seorang musafir yang sedang berjalan untuk bertemu, menghadap serta menuju kepada Tuhan Robbul-‘Alamin.

Dalam menempuh perjalanan dunia yang sifatnya hanya sementara ini, rintangan hidup itu nyata kehadirannya.

Ada kalanya didatangkan kesenangan dan kebahagiaan, kesedihan dan ketakutan, kecemasan dan ketenangan. Namun, sesungguhnya semua itu datangnya daripada Allah.

Allah SWT yang menciptakan alam semesta beserta isinya, Allah pulalah yang mengatur semua yang terjadi pada ciptaan-Nya. Layaknya seorang dalang yang sedang memainkan wayang-wayangnya.

Teringat sebuah doa yang pernah dipanjatkan Nabi kala itu, beliau meminta agar hatinya diteguhkan dalam agama Allah. Dalam doa agar hati tenang itu Nabi sempat memuji Allah dengan kalimat :

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ

Yang mempunyai arti : “ Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati “.

Allah kuasa atas segala ciptaan-Nya, kelak ketika kita didatangkan musibah hati dan fikiran maka datanglah kepada Allah seraya meminta pertolongan-Nya.

Menyadari bahwa kita ini hanyalah makhluk yang lemah, bodoh dan hina juga tak mampu apa-apa melainkan hanya adanya izin dan pertolongan Allah SWT.

Ini Dia Kumpulan Doa Agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan

Ini-Dia-Kumpulan-Do'a-Agar-Hati-Tenang-dan-Diberi-Kemudahan

Maka saat hati ditimbulkan oleh rasa cemas, gelisah, tidak bisa tenang hendaknya umat muslim datang dan memohon kepada Allah dengan bersimpuh serta mengadahkan tangan agar diberi pertolongan untuk menenangkan hati dan fikiran.

Saat hati terkena rasa cemas hingga tidak bisa tenang otomatis fikiran juga ikut tidak tenang, sehingga berpengaruh pada kegiatan dan pekerjaan.

Akibatnya pekerjaan kita jadi terganggu karena dihambat oleh fikiran dan hati yang sedang mencemaskan suatu hal.

Dalam islam, terdapat banyak macam doa agar hati tenang. Ini ditujukan kepada umat muslim saat ada masalah dengan hatinya maka dianjurkan untuk mengutamakan datang kepada Allah. Karena tidak ada sesuatu jika datangnya bukan dari Allah SWT.

Berikut inilah beberapa doa agar hati tenang yang bisa kalian baca dan hafalkan saat sedang cemas dan gelisah.

Doa Agar Hati Tenang dan Bahagia

Do'a-Agar-Hati-Tenang-dan-Bahagia

Doa ini dapat kalian hafalkan sehingga suatu saat ketika didatangkan rasa gelisah dan membuat hati tidak bisa tenang bisa langsung dilantunkan.

Namun perlunya mematuhi aturan akhlak serta adab ketika berdoa kepada Allah, sebab orang yang berdoa itu sesungguhnya sedang menghadap Allah dengan membawa permohonan-permohonannya.

Bacaan doanya antara lain :

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Latinnya : “ Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin “.

Artinya : “ Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir “.

Lafadz doa ini dihimpun dari surat Al-Baqarah ayat 250 yang melatar belakangi kisah nabi Daud ketika hendak melawan musuh dalam perang antara Thalut dan Jalut.

Doa Agar Hati Tenang & Ikhlas

Do'a-Agar-Hati-Tenang-dan-ikhlas

Selain itu, masih ada lagi doa penenang hati yang juga bisa kalian bacakan ketika hati terasa gundah dan terasa sempit.

Dipetik dari ayat 25 – 28 pada surat Thaha dalam kitab suci Al-Qur’an. Doa ini pun pernah dilafadzkan oleh nabi Musa saat menghadapi raja yang kejam dan sombong yaitu raja Fir’aun.

Bunyi doa tersebut adalah :

رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى

وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى

وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى

يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Latinnya : “ Robbisy Rohli Shadri, Wayassir Lii Amrii, Wahlul ‘Uqdatam Millisaanii, Yafqohuu Qaulii “.

Artinya : “ Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku “.

Doa Agar Hati Tenang dan Tidak Takut

Do'a-Agar-Hati-Tenang-dan-Tidak-Takut

Bagi umat islam yang berma’rifat kepada Allah pastinya sudah memahami hakikat dari kehidupan.

Apabila rasa cemas datang melingkup hatinya, ia pasti datang kepada Allah  dan meminta pertolongan-Nya agar bisa menghindari kecemasan.

Sebab orang yang ma’rifat kepada Allah itu memiliki pandangan hati yang tertuang dalam kalimat “لا اله الا الله ”.

Kalimat itu memiliki arti (tidak ada Tuhan selain Allah), sebagai orang yang mengerti hakikat kehidupan kalimat suci itu bermakna “ tidak ada suatu perbuatan melainkan perbuatan Allah”.

Maka, berdoa bagi mereka merupakan suatu bentuk penghambaan diri terhadap Allah SWT.

Berikut bacaan doa memohon kepada Tuhan agar dihindarkan oleh kecemasan hati dan fikiran :


اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Bacaan dalam latin : “ Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali “.

Artinya : “ Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat) “.

Doa Untuk Agar Hati Tenang Dan Fikiran Yang Kotor Jadi Bersih

Salah satu dari sebab timbulnya hati yang tidak tenang, cemas, gelisah, gundah dan lain sebagainya adalah keadaan hati yang kotor.

Sebagai manusia yang berhawa nafsu, adakalanya kita tidak dapat mengontrol hawa nafsu amarah dengan baik dan berhati-hati.

Kelemahan itulah yang menyebabkan hati serta fikiran menjadi kotor. Maka untuk meminta mohon kepada Allah agar dibersihkan hati yang kotor itu, kita dianjurkan untuk berdoa dan membaca bacaan :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

Artinya : “ Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek “.

Agar senantiasa dilindungi dari segala hal yang dapat mengotori hati kita, hendaknya menghafalkan do’a ini kemudian lantunkan usai sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Doa Agar Hati Tenang Arab

Pemuka ahli hadits dengan nama Imam Thabrani telah mengemukakan sebuah dalil hadits mengenai do’a penenang hati.

Abu Umamah dari Imam Thabrani dari Hadits Nabi Muhammad SAW menyebutkan :

Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu “.

Hadits ini mengandung doa yang tersirat tentang hati dan jiwa yang tenang. Dengan demikian, kalian bisa mengucapkan do’a ini agar diberi keluwesan hati.

Bacaan doanya adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Yang memiliki arti : “ Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu “. (H. R. Thabrani).

Doa Agar Hati Tenang dan Terhindar Dari Masalah

Dalam hidup yang penuh berkah, ujian dan cobaan yang dikirim Allah untuk kita itu tidak akan terasa berat dan sulit.

Manis pahitnya kehidupan yang dijalani, semua berjalan dengan nyaman tanpa rasa ketidaktenangan dalam hati serta jiwa. Tidak lain akibat banyaknya keberkahan yang Allah turuni pada kita.

Maka dari itu, untuk jiwa dan hati yang tenang bisa kalian upayakan dengan membaca surat Ad-Dhuha yang juga bisa menjadi doa.

Bacaan latinnya : “ Waḍ ḍuḥaa. Wal laili iżaa sajaa. Maa wadda‘aka rabbuka wa maa qalaa. Wa lal aakhiratu khairul laka minal uulaa. Wa lasaufa yu‘ṭiika rabbuka fa tarḍoo. Alam yajidka yatiiman fa aawaa. Wa wajadaka ḍaallan fa hadaa. Wa wajadaka ‘aa’ilan fa agnaa. Fa ammal-yatiima falaa taqhar. Wa ammas saa’ila falaa tanhar. Wa ammaa bini‘mati rabbika fa ḥadditṡ “.

Artinya : “ Demi waktu duha (ketika matahari sepenggalah), demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu. Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas “. (Q. S. Ad-Dhuha [1-11]).

Doa Dijauhkan Dari Keraguan Hati

Pengaruh dari rasa tidak tenang dalam hati bisa mengakar kemana-mana, salah satunya adalah timbulnya keraguan.

Untuk mengatasi perkara itu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa agar senantiasa terlindung dari kegelaparan rasa ragu yang ada di hati.

Dapat pula diatasi dengan melaksanakan sholat istikharah, namun hal ini khusus keraguan dalam masalah dihadapkan  dengan 2 pilihan yang sulit ditentukan.

Adapun doa supaya terhindar dari keraguan hati yang diakibatkan hati merasa tidak tenang :

Dalam Latin : “Allahumma akhrijni min dzhulumaatil wahmi, wa akrimnii bi nurril fahmi waf tahlii abwaabal ilmi wa zayyinil akhlaaqil hasatani wal hilmi. Allahumma nawwir qolbi binuuri qidaayatika kamaa nawwartas samaawati wal ardho arhabadan bi rahmaika yaa arhamar raahimiina “.

Dengan arti : “ Ya Allah, keluarkanlah hamba dari kegelapan keraguan, karuniakan kepadaku kepahaman. Bukakanlah bagiku pintu ilmu dan hiasilah saya dengan akhlak yang baik dan kasih sayang. Ya Allah terangilah hatiku dengan cahaya hidayah-Mu sebagaimana Engkau senantiasa menerangi langit dan bumi dengan rahmat-MU, wahai Dzat yang paling pengasih dari semua yang pengasih “.

Lika-liku kehidupan itu merupakan af’al (perbuatan) Allah, Tuhan Semesta Alam. Maka, apabila kita mendapat cobaan dari Allah berupa hati yang tidak tenang, cemas, gelisah, serta ragu hendaknya datang kepada Allah.

Memohon dan meminta pertolongan dari-Nya merupakan upaya mendekatkan diri kepada sang pencipta dalam bentuk penghambaan seorang kepada Tuhan Maha Agung.

Demikian doa agar hati tenang yang bisa kalian baca dan amalkan dalam situasi yang semestinya. Semoga isi dari artikel diskop.id ini bisa memberikan manfaat bagi kalian serta orang-orang lingkungan.

Artikel Terkait