Home » Terbaru » Berita » Penukaran Uang Baru BI Dibuka Hari Ini, Bisa Lewat Online!

Penukaran Uang Baru BI Dibuka Hari Ini, Bisa Lewat Online!

putri_laras March 29, 2023

Pada bulan Maret ini seluruh umat muslim di dunia sedang melaksanakan ibadah bulan puasa. Hari raya idul Fitri Mungkin memang masih jauh. Namun sudah banyak orang-orang yang mulai mempersiapkan untuk menyambut hari raya idul Fitri. Salah satu hal yang umum dilakukan orang-orang saat menjelang hari raya idul Fitri adalah Penukaran uang baru BI.

Untuk masyarakat Indonesia sendiri saat hari raya idul Fitri pasti sudah tidak asing lagi untuk mendapatkan THR. Di mana THR ini sendiri seringkali didapati orang-orang dalam bentuk uang. Selain itu juga THR biasanya diberikan dalam bentuk uang baru yang baru saja ditukarkan di bank. Nah buat kamu yang juga berniat ingin mendapatkan uang baru untuk bisa sebagai THR di hari lebaran punya simak pembahasan Diskop.id berikut ini untuk penukaran uang baru BI.

Penukaran Uang Baru BI Hari Ini untuk Lebaran Sudah Dibuka

Penukaran Uang Baru BI Hari Ini

Kebutuhan akan uang baru setiap tahunnya pasti akan mengalami lonjakan saat menjelang hari raya idul Fitri. Hal ini dikarenakan pada saat hari raya idul Fitri orang-orang banyak menukarkan uang untuk bisa diberikan sebagai THR ataupun kebutuhan hari raya idul Fitri lainnya. Tentu saja untuk mengantisipasi hal ini Bank Indonesia sebagai instansi yang menangani pertukaran uang ataupun peredaran uang di Indonesia sudah melakukan antisipasi untuk hal tersebut.

Pada tanggal 27 Maret 2023 Bank Indonesia mengumumkan bahwa telah membuka layanan bagi masyarakat yang hendak menukarkan uang mereka dengan uang baru. Ada ribuan tempat yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk melakukan pertukaran uang. Di mana telah tersebar lebih dari 5000 titik di seluruh Indonesia. Setengah hal ini pemerintah Indonesia sudah siap untuk menghadapi lonjakan permintaan penukaran uang baru melalui perbankan yang ada di seluruh Indonesia.

Sampai di situ Bank Indonesia juga menyiapkan tempat lain yang bisa dilakukan untuk pertukaran uang baru bank indonesia selain melalui bank. Yaitu dengan menyediakan beberapa layanan kas keliling di tempat-tempat ramai seperti terminal dan tempat lainnya.

Kas keliling ini merupakan layanan yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada masyarakat yang ingin tukarkan uang dengan uang baru. Kas keliling ini bisa memberikan penukaran uang secara resmi meskipun tidak melalui bank. Tak tanggung-tanggung bahkan Bank Indonesia telah menyiapkan sekitar 195 triliun uang baru untuk masyarakat dapat tukarkan.

Buat kamu yang juga berkehendak ingin menukar uang baru di BI maka ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Salah satu caranya adalah menukarkannya melalui bank dan juga menukarkannya melalui kas keliling. Berikut penjelasan bagaimana cara menukarkan uang baru di BI melalui kas keliling.

Cara Menukarkan Uang Baru BI Online

Cara Menukarkan Uang Baru BI Online

Pintar adalah layanan yang disediakan oleh Bank Indonesia bagi masyarakat untuk dapat tukarkan uang baru melalui BI. Layanan ini disediakan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah masyarakat yang ingin tukarkan uang. Hal ini dapat mudah dilakukan masyarakat karena pengajuannya dapat dilakukan secara online. Berikut ini diskop.id telah merangkum cara untuk Bisa tukar uang melalui website pintar.

  • Pertama kunjungi website pintar.bi.co.id.
  • Setelah memasuki website maka pilih tukarkan uang melalui kas keliling. Bagian ini ada pada halaman utama website jadi tidak terlalu sulit untuk mencarinya.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk mengisi provinsi di mana kamu ingin menukarkannya dan juga mengisi alamat lebih lengkap lagi agar bisa diarahkan ke kas keliling terdekat.
  • Setelah itu Bank Indonesia akan menampilkan daftar kas keliling yang ada di sekitar tempat tinggal dan kamu bisa Pilih saja sekiranya tempat terdekat yang yang bisa dikunjungi.
  • Setelah itu lanjutkan untuk mengisi nomor NIK KTP dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi serta email dan nama lengkap.
  • Lalu isi nominal uang dan berapa pecahan yang ingin ditukarkan sesuai yang diinginkan.
  • Lalu setelah itu akan ada bukti transaksi atau bukti pemesanan yang secara resmi dikeluarkan oleh BI.
  • Jika pemesanan telah berhasil maka kamu bisa melakukan penukaran uang ke tempat yang sudah dipilih sebelumnya sesuai dengan waktu dan juga hari yang telah tertera. Jangan lupa untuk membawa bukti transaksi pemesanan agar bisa langsung diproses oleh petugas kas keliling.

Syarat Pintar BI Go Id Tukar Uang

Sebelum melakukan penukaran uang hendaknya terlebih dahulu tahu syarat-syarat untuk menukarkan uang baru bi melalui kas keliling atau pintar. Tentu saja bi menyalakan Beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa melakukan penukaran uang.

Saat ini ditunjukkan agar penukaran uang giling lebih aman dan juga terorganisir. Nah buat kamu yang ingin tukarkan uang melalui kas keliling dengan menggunakan website pintar maka bisa simak penjelasan diskop.id di bawah ini agar bisa tukarkan uang untuk hari raya idul Fitri nanti.

  • Dalam menukarkan uang orang yang ingin menukarkan uang hanya bisa melakukannya ketika sesuai dengan tanggal lokasi dan juga waktu yang sudah dicantumkan pada pemesanan yang sudah dibuat pada website pintar.
  • Jadi ketika waktunya tidak sesuai ataupun tidak pas dengan apa yang ada pada bukti pemesanan maka penukaran tidak bisa dilakukan.
  • Selain itu jika kamu hendak menukarkan uang maka kamu wajib untuk membawa bukti transaksi atau bukti pemesanan yang sudah ada pada website pintar. Penukar bisa membawa bukti tersebut dalam bentuk digital ataupun cetak.
  • Selain itu setiap Nik KTP hanya dapat melakukan sekali pesan ketika sudah melakukan pesanan. Namun jika pesanan tersebut sudah hangus ataupun sudah ditukarkan maka Nik tersebut bisa melakukan penukaran lagi setelah periode penukarannya berakhir.
  • Uang yang hendak ditukarkan akan bisa diterima oleh Bank Indonesia sepanjang uang tersebut memiliki ciri-ciri yang dapat menunjukkan keaslian uang tersebut. Jika uang tersebut sudah memenuhi syarat keaslian dari rupiah maka uang tersebut dapat ditukarkan sebesar dengan nominal yang sama.

Lihat artikel lainnya :

Artikel Terkait