Home » Terbaru » Berita » Link Pendaftaran UTBK 2023 Dibuka! Cek Panduan dan Syaratnya

Link Pendaftaran UTBK 2023 Dibuka! Cek Panduan dan Syaratnya

wisnu March 24, 2023

Kini pendaftaran telah di buka, tentu saja bagi para calon mahasiswa kini masih bingung untuk menggunakan Link Pendaftaran UTBK 2023 ini bukan? Tenang saja, kini sudah tersedia banyak sekali link nya yang bisa di gunakan apabila ingin melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi negeri.

Sebenarnya calon mahasiswa ini ada banyak sekali berbagai cara yang bisa di lakukan agar bisa masuk ke perguruan tinggi. Akan tetapi salah satu cara yang paling banyak di gunakan ini yakni masuk pada jalur UTBK. Oleh sebab itu lah hingga kini banyak yang mencari link pendaftarannya.

Mungkin sekarang ini pendaftaran pada perguruan tinggi telah terbuka. Dengan begitu, maka pastinya calon mahasiswa ini akan bisa langsung melakukan saja pendaftaran untuk masuk menggunakan jalur UTBK ini lho. Pastinya banyak yang tidak sabar untuk mendaftar bukan?

Nah, baik lah admin diskop.id kali ini akan membantu para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi menggunakan jalur UTBK ini. Bagi yang ingin melakukan pendaftarannya, maka bisa menggunakan saja link nya berikut ini.

Beberapa Jenis Tes Untuk Jalur Pendaftaran UTBK 2023

Beberapa-Jenis-Tes-Untuk-Jalur-Pendaftaran-UTBK-2023

Bagi yang ingin masuk ke perguruan tinggi menggunakan jalur pendaftaran UTBK ini, maka para calon mahasiswa juga kini perlu mengetahui apa saja tes yang nantinya ada dalam jalur UTBK ini lho. Pastinya masih banyak sekali kan yang belum mengetahui apa saja tes nya?

Jadi kalau ingin lolos dan masuk dalam perguruan tinggi sesuai dengan keinginan masing – masing, maka para calon mahasiswanya kini juga harus lolos dalam tes UTBK ini ya. Dengan memiliki nilai yang tinggi, maka para peserta UTBK ini juga pastinya akan di nyatakan lolos dalam seleksi.

Akan tetapi, sebelum mengikuti tes UTBK ini, maka para calon pesertanya juga harus mengetahui apa saja tes yang nantinya ada dalam seleksi UTBK ini ya. Dengan mengetahuinya, maka para calon peserta juga akan bisa belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti tes.

Jadi memang akan ada banyak sekali soal yang akan di berikan kepada para pesertanya. Jadi silahkan ketahui dulu tes apa saja yang nantinya terdapat dalam seleksi pendaftaran UTBK ini. Untuk bisa mengetahuinya, maka bisa langsung lihat lebih jelasnya di bawah ini ya.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Pertama yang bisa di temukan kalau melakukan pendaftaran UTBK ini yaitu Tes Potensi Skolastik atau sering di sebut dengan TPS. Jadi memang sebelum melakukan pendaftaran UTBK ini, maka para pesertanya harus belajar saja terlebih dahulu agar nantinya bisa mengikuti tes terbut.

Dala TPS ini, maka para pesertanya nanti akan di ukur kemampuan kognitif nya seperti kuantitatif, kemampuan penalaran secara umum, kemampuan memahami membaca dan menulis serta pengetahuan dan juga pemahaman umum.

2. Penalaran Matematika

Matematika ini memang akan selalu ada dimana pun dan kapan pun. Bahkan dari SD hingga menempuh perguruan tinggi juga matematika ini memang kerap di gunakan sehari – harinya. Jadi memang perlunya untuk memahami rumus – rumus matematika ini agar bisa menjawabnya.

Jadi memang penalaran matematika ini juga merupakan salah satu tes pendaftaran UTBK yang akan bisa di temukan oleh para calon mahasiswanya untuk bisa mengukur kemampuan dalam berpikir menggunakan konsep, fakta, prosedur serta alat matematika agar bisa menyelesaikan masalah.

3. Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tak hanya itu saja, para calon peserta UTBK ini juga nantinya akan melewati tes lain nya seperti Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tentu saja hal yang satu ini tidak ketinggalan di saat melakukan tes apa saja termasuk dalam tes UTBK ini ya.

Karena dengan adanya Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ini lah yang memiliki tujuan untuk bisa mengukur kemampuan para calon mahasiswa dalam memahami, mengevaluasi, menggunakan dan juga mereflesikan teks agar bisa menyelesaikan masalah serta bisa mengembangkan kapasitas individu.

Syarat – Syarat Untuk Melakukan Pendaftaran UTBK SNBT

Syarat-Syarat-Untuk-Melakukan-Pendaftaran-UTBK-SNBT

Untuk bisa mengikuti pendaftaran UTBK 2023 ini, maka para calo mahasiswa juga harus memenuhi berbagai syarat yang di butuh kan terlebih dahulu. Karena jika para calon mahasiswa ini belum memenuhi syarat – syaratnya, maka tidak akan bisa mengikuti seleksi UTBK ini ya.

Banyak yang tidak lolos dalam seleksi UTBK ini karena memang banyak yang tidak memperhatikan syarat – syaratnya terlebih dahulu untuk bisa mengikuti UTBK ini. Jadi memang untuk syarat – syarat yang telah di berlakukan ini jangan sampai di sepelehkan ya.

Nah, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa saja syarat – syarat yang di butuh kan untuk melakukan pendaftaran pada jalur UTBK ini kan. Nah, agar lebih jelas lagi, maka para calon mahasiswa kini bisa langsung memperhatikan saja berbagai syarat yang di butuh kan seperti di bawah ini.

  • Sudah memiliki akun SNPMB yang telah di registrasikan pada tanggal 16 Februari – 3 Maret 2023
  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) serta memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • Merupakan siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan 2023 beserta surat keterangan lulus atau bisa peserta didik Paket C umurnya maksimal 25 Tahun
  • Memiliki surat keterangan siswa kelas XII dan di sertai dengan foto berwarna yang terbaru, cap sekolah atau bisa tanda tangan kepala sekolah
  • Ijazah siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat atau bisa juga lulusan Paket C
  • Merupakan lulusan SMA/Sederajat yang berasal dari luar negeri dan telah memiliki ijazah yang sudah di setarakan
  • Pastikan tidak lulus pada jalur SNBP 2023 atau SNMPTN 2021 – 2022
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Kalau peserta tuna netra, maka wajib untuk mengupload surat tuna netra tersebut
  • UTBK ini hanya akan bisa keluar hasilnya untuk yang mengikuti SNBT dan juga penerimaan PTN 2023

Berikut Link Pendaftaran UTBK 2023 Serta Cara Mendaftarnya

Berikut-Link-Pendaftaran-UTBK-2023-Serta-Cara-Mendaftarnya

Nah, ketika para calon peserta ini sudah melengkapi berbagai persyaratan yang sudah di berlakukan, maka kini saatnya calon nya bisa langsung melakukan saja pendaftarannya. Pastinya sudah tidak sabar ingin mengikuti tes UTBK ini bukan untuk lanjut ke perguruan tinggi?

Nah, jadi bagi yang ingin melakukan pendaftaran UTBK ini, maka bisa langsung masuk saja pada Link Pendaftaran UTBK 2023 yaitu portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Dengan mengakses link tersebut, maka para calon pesertanya juga akan bisa langsung melakukan pendaftarannya saja.

Mungkin masih banyak yang bingung untuk melakukan pendaftaran pada UTBK ini bukan? Nah, jadi biar gak merasa bingung lagi maka bisa langsung simak saja yuk beberapa caranya di bawah ini.

  • Silahkan gunakan Browser terlebih dahulu pada smartphone masing – masing seperti menggunakan Google Chrome
  • Apabila sudah, maka bisa langsung masuk saja pada link portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  • Kalau sudah, maka silahkan saja Login dengan menggunakan akun SNPMB
  • Silahkan pilih saja Verifikasi dan Validasi Data
  • Kemudian, calon mahasiswa ini akan di minta untuk melengkapi saja biodatanya, upload foto berwarna yang terbaru, melakukan verifikasi, unduh serta lampiran unggahan pernyataan tunanetra (apabila termasuk dalam tuna netra)
  • Pilih di bagian Pendaftaran UTBK SNBT
  • Silahkan pilih saja Program Studi, upload portofolio apabila di perlukan, pilih saja pusat UTBK PTN dan peserta nya bisa mendapatkan saja slip pembayaran biaya UTBK
  • Bayar terlebih dahulu UTBK nya
  • Terakhir, cetak kartu peserta UTBK SNBT

Jadi tunggu apa lagi, yuk buruan langsung akses saja Link Pendaftaran UTBK 2023 untuk bisa melakukan pendaftaran untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Artikel Terkait