Home » Terbaru » Aplikasi » Aplikasi Satu Sehat Mobile Apk Kemenkes Pengganti Pedulilindingi

Aplikasi Satu Sehat Mobile Apk Kemenkes Pengganti Pedulilindingi

nabila_rinjani May 19, 2024

Aplikasi pengganti PeduliLindungi yang bisa digunakan oleh masyarakat saat ini adalah Aplikasi Satu Sehat Mobile.

Sebelumnya kita masih sudah tidak asing lagi dengan yang namanya platform PeduliLindungi. Itu merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh pemerintah untuk mempermudah penanganan dan juga pelacakan kasus Covid-19.

Salah satu fiturnya adalah pengguna bisa unduh sertifikasi vaksin dan juga scan barcode PeduliLindungi ketika masuk ke tempat yang banyak kerumunan, seperti Mall.

Namun, sekarang pemerintah sudah mengganti aplikasi Pedulilindungi menjadi Aplikasi Satu Sehat Mobile yang saat ini bisa diunduh oleh pengguna Android. Apakah pengguna iOS sudah bisa juga untuk download aplikasinya?

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa simak penjelasan selengkapnya di Diskop.id.

Kegunaan Aplikasi Satu Sehat Mobile

kegunaan-satu-sehat-mobile-apk

Semua masyarakat Indonesia tahu bahwa beberapa tahun ke belakang negara ini terkena pandemi Covid-19. Ada begotu banyak perubahan yang diakibatkan oleh pandemi tersebut baik itu arah positif maupun negatif.

Saat wabah virus tersebut sedang tinggi-tingginya, pemerintah terus berupaya untuk menanggulangi masalah tersebut, seperti mengadakan vaksin gratis.

Nah, tidak hanya itu saja pemerintah juga memanfaatkan teknologi dalam hal penanggulangan ini dengan membuat sebuah platform bernama PeduliLindungi. Aplikasi tersebut berguna untuk pengguna dan juga sangat membantu pemerintah dalam men-track masyarakat yang terpapar virus korona.

Kabar baiknya, saat ini negara Indonesia sudah tidak lagi dalam masa pandemi, melainkan sudah masuk ke masa endemi.

Aplikasi PeduliLindungi kini diubah menjadi Satu Sehat Mobile yang sekarang sudah bisa diunduh oleh masyarakat. Satu Sehat Mobile ini adalah pengganti dari PeduliLindungi yang layanannya sekarang lebih luas lagi.

Fiturnya bukan hanya soal penanganan Covid-19 saja, tetapi merambah ke bagian kesehatan lainnya. Beberapa fitur utama masih ada disana, seperti scan barcode serta fitur untuk vaksin beserta cetak sertifikatnya.

Para pengguna yang memiliki aplikasi Pedulilindungi di ponsenya bisa mengupdate aplikasi tersebut dan otomatis berganti menjadi Satu Sehat Mobile.

Jika kalian belum memiliki aplikasi ini, maka sekarang saatnya download aplikasi tersebut di dalam ponsel masing-masing. Apakah ada perubahan syarat pendaftaran dan ketentuan lain. Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Syarat Daftar Akun Aplikasi Satu Sehat Mobile

Bagi kalian yang pernah memiliki akun PeduliLindungi maka tidak perlu lagi daftar ulang di aplikasi yang terbaru ini.

Kamu bisa memakai akun yang sama pada saat daftar di PeduliLindungi sebelumnya. Namun, bagi yang belum pernah membuat akun sebelumnya bisa menyiapkan beberapa data yang dibutuhkan.

Penggunaan Aplikasi Satu Sehat Mobile Apk ini baru bisa diunduh oleh para pengguna Android melalui Google Play. Bagi yang sudah pernah mengunduhnya mungkin bisa langsung lakukan update aplikasi.

Apabila ini adalah kali pertama bagi kalian untuk mengunduh aplikasi tersebut dan belum punya akun. Kalau mau download aplikasinya bisa langsung gunakan nomor telepon ataupun alamat email.

Jika sudah memiliki akun maka pengguna bisa memakai semua fitur yang ada disana sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang terbaru adalah pengguna dapat check-in di sebuah tempat sendiri ataupun bergrup.

Download Aplikasi Satu Sehat Mobile Terbaru Dari Pemerintah

Beberapa orang mungkin dengan keberadaan aplikasi ini dan bertanya-tanya apakah ini aplikasi yang berbeda dari PeduliLindungi atau tidak.

Jawabannya adalah Satu Sehat Mobile ini menggantikan aplikasi yang sebelumnya sudah kita gunakan sejak lama. Di beberapa ponsel bisa saja aplikasinya belum diperbarui oleh para penggunanya.

Satu Sehat Mobile Apk ini sudah tersedia di dalam Google Play dan secara gratis bisa diunduh oleh semua pengguna smartphone Android. Cara buat akunnya pun sangatlah mudah karena sama dengan aplikasi PeduliLindungi.

Kalau sudah punya akun aplikasi yang sebelumnya, maka langsung saja klik menu sudah punya akun.

Banyak hal baru yang akan ditemukan oleh para pengguna melalui aplikasi Satu Sehat Mobile dan tidak cuma berkaitan dengan Covid-19 saja.

Namun, untuk beberapa fitur utamanya tidak berubah dan dari segi tampilan tetap userfriendly.

Nama Satu Sehat Mobile Apk
Ukuran35 MB
OS Wajib6.0 atau lebih tinggi
Download DiGoogle Play

Fitur Terbaru Yang Ada Di Satu Sehat Mobile Apk

fitur-terbaru-aplikasi-satu-sehat-mobile

Buat yang penasaran mengenai pembaruan apa saja yang terdapat di dalam aplikasi in. Kami akan mengulas pembahasannya di Diskop.id.

Fitur yang ada disini sebenarnya tidak jauh berbeda dari aplikasi yang sebelumnya. Pengguna masih bisa cek sertifikat vaksin dari yang pertama hingga yang terakhir.

Tidak hanya itu saja, melalui aplikasi ini juga mereka bisa daftar vaksin booster di wilayah sekitar tempat tinggal. Masih ada juga fitur scan barcode yang berguna untuk check-in di tempat kerumunan jika memang dibutuhkan.

Beberapa fitur baru juga ditambahkan ke dalam aplikasi ini dan sangat berguna sebagai layanan kesehatan untuk para pengguna.

Berikut adalah tambahan fitur terbaru yang terdapat di Satu Sehat Mobile Apk adalah catatan medis, catatan imunisasi, berseta hasil pemeriksaan Lab.

Kegunaan dari aplikasi tersebut jauh lebih fleksibel dari sebelumnya sehingga masyarakat perlu sekali mendownload aplikasi ini di dalam perangkat mereka.

Cara Update PeduliLindungi Ke Satu Sehat Mobile

Bagi yang memiliki aplikasi PeduliLindungi di dalam perangkatnya maka bisa langsung lakukan update supaya bisa beralih ke yang baru.

Ketika masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi pengguna akan diminat untuk melakukan pembaruan dan nantinya secara otomatis nama aplikasi akan berubah.

Jika memang keluar akunnya, langsung saja daftar kembali dengan akun PeduliLindungi yang lama.

Jadi, sangat mudah bukan untuk memperbarui aplikasi yang lama ke aplikasi yang terbaru.

Cata Mengatasi Aplikasi Satu Sehat Mobile Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pengguna ketika mengunduh aplikasi Satu Sehat Mobile. Ada yang tidak bisa membuka aplikasi ini ataupun login menggunakan akun mereka yang lama.

Hal ini bisa saja terjadi mengingat peluncuran aplikasi ini juga terbilang baru sehingga besar kemungkinan muncul kendala seperti itu.

Jika mengalami masalah seperti di atas maka jangan panik dulu dan tunggu selama beberapa saat. Biasanya jika ada gangguan server maka aplikasinya tidak bisa dibuka selama beberapa saat.

Namun, kalau hal ini masih berlanjut maka install ulang aplikasinya jika sebelumnya kamu melakukan update aplikasi saja. Kalau masalahnya adalah tidak bisa login menggunakan nomor telepon, pengguna bisa coba login memakai alamat email.

Atau lakukan penghapusan cache jika terjadi masalah serupa karena bisa jadi sumber masalahnya adalah dari sampah aplikasi.

Itu dia beberapa cara serta tips yang dapat Diskop.id berikan untuk mengatasi masalah yang bisa saja muncul dari aplikasi Satu Sehat Mobile.

Buat para pengguna iOS bisa cek secara rutin apakah pembaruan aplikasinya sudah tersedia untuk sistem kalian.

Baiklah, sekian pembahasan yang dapat diskop.id berikan mengenai aplikasi Satu Sehat Mobile Apk di Diskop.id.

Artikel Terkait :

Artikel Terkait