Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal melepas rombongan UMKM Sulsel Goes to Turkey, Senin, 22 November 2021 di kantor Diskop UKM Sulsel, Jl. AP. Pettarani.

Rombongan terdiri pelaku UKM Sulsel yang akan mengikuti ajang pameran “8th OIC Halal Expo 2021” yang dilaksanakan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul Congress Center (ICC), tanggal 25 sampai 28 Nopember 2021.

Rombongan UMKM Sulsel juga akan memenuhi undangan dari Asosiasi Pengusaha Eksportir Kecil Menengah (KOBİAD) Provinsi Bursa-Turki untuk melakukan business matching pada tanggal 29-30 Nopemebr 2021.

Adapun UMKM yang ikut serta antara lain CV. Coconut Internasional Indonesia, CV. Chalodo Chocolate, UD Indo Emmeng, PT Haramayn Lintas Benua, CV. Trio Pabeta Indonesia, CV. Luhur Abadi, CV. Mafindo, CV. Aromata Anugrah Sultan dll. Beberapa produk UMKM Sulsel yang dipamerkan antara lain briket, kopi, teh nipah, kemiri, aneka herbal, coklat, lulur tradisional bugis dll.

Kepala Dinas Koperasi Sulsel, Malik Faisal berharap, melalui ekspo dan ajang business matching akan menjadi awal bagi pengambangan usaha pelaku UMKM.

Dikatakannya, Turki saat ini sebagai tujuan ekspor juga dapat menjadi hub masuknya produk UMKM ke pasar kawasan Uni Eropa, Eropa Timur dan Tenggara khususnya Rusia dan juga kawasan Asia Tengah dan Timur Tengah.

Rombongan UMKM Sulsel didampingi pula konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham dan Salman Sahmad yang juga selaku koordinator rombongan UMKM Sulsel Goes to Turkey.

Salman mengatakan, sangat mengapresiasi atas dukungan yang luar biasa dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel agar bisa go global atau menembus pasar internasional tanpa menggunakan anggaran APBD.

“Terima kasih pada pak Kadis Malik Faisal dan dukungan dari Bank Sulselbar, beberapa koperasi dan Teman-teman media yang telah mendukung UMKM Sulsel bisa go global,” katanya.

“Semoga melalui ekspo dan business matching produk Sulsel makin di kenal luas dan beberapa produk UMKM bisa melakukan kontrak bisnis,” tambahnya. (*)

sumber : https://www.mediasulsel.com/tanpa-gunakan-apbd-umkm-sulsel-ikuti-pameran-8th-oic-halal-expo-2021-di-turki/