Tugas pokok dan Rincian Tugas Kepala Sub Bagian

  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian mempunyai tugas pokok melakukan urusan ketatausahaan, administrasi pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan barang, urusan rumah tangga serta mengelola administrasi kepegawaian.
  • Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dirinci sebagai berikut :
  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. melakukan pengklasifikasian surat menurut jenisnya;
  7. melakukan administrasi dan pendistribusian surat masuk dan keluar;
  8. menata dan melakukan pengarsipan naskah dinas dan pengelolaan perpustakaan;
  9. mempersiapkan pelaksaanaan rapat dinas, upacara bendera, kehumasan, dan keprotokolan;
  10. mengelola sarana dan prasarana serta melakukan urusan rumah tangga Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  11. mengoordinasikan dan melakukan pemeliharaan kebersihan dan pengelolaan keamanan lingkungan kantor;

 

  1. menyiapkan bahan dan menyusun rencana kebutuhan, pemeliharaan dan penghapusan barang;
  2. menyiapkan bahan dan menyusun administrasi pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan barang;
  3. menyiapkan bahan dan menyusun daftar inventarisasi barang serta menyusun laporan barang inventaris;
  4. menyiapkan bahan, mengelola dan menghimpun daftar hadir pegawai;
  5. menyiapkan bahan dan mengelola administrasi surat tugas dan perjalanan dinas pegawai;
  6. menyiapkan bahan, mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan organisasi dan tatalaksana;
  7. menyiapkan bahan dan menyususn rencana formasi, informasi jabatan, dan bezetting pegawai;
  8. menyiapkan bahan dan mengelola administrasi kepegawaian meliputi usul kenaikan pangkat, perpindahan, pensiun, penilaian pelaksanaan pekerjaan, kenaikan gaji berkala, cuti, ijin, masa kerja, peralihan status, dan layanan administrasi kepegawaian lainnya;
  9. menyiapkan bahan usulan pemberian tanda penghargaan dan tanda jasa Aparutur Sipil Negara;
  10. menyiapkan bahan perumusan kebijakan pembinaan, peningkatan kompetensi, disiplin dan kesejahteraan ASN;
  11. mengembangkan penerapan sistem informasi kepegawaian berbasis teknologi informasi;
  12. menghimpun dan menyosialisasikan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian;
  13. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  14. melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

 

  • Sub Bagian Program di pimpin oleh Kepala Sub Bagian mempunyai tugas pokok Memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan  kegiatan program, menganalisis dan menelaah bahan  rumusan kebijakan pengendalian program, melakukan hubungan kerja,  menyusun  laporan kegiatan program

 

  • Tugas pokok sebagai mana dimaksud pada ayat (1) dirinci sebagai berikut :
  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Program sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. mengoordinasikan, menyiapkan bahan dan melakukan penyusunan perencanaan program dan anggaran;
  7. menyiapkan bahan dan menyosialisasikan peraturan perundang-undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis di bidang penyusunan program;

 

  1. menyiapkan bahan, mengoordinasikan dan menyusun rancangan rencana stratejik;
  2. mengumpulkan bahan dan menyusun pengusulan rencana anggaran pendapatan dan belanja Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  3. menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  4. menghimpun dan menyajikan data dan informasi program dan kegiatan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  5. mengelola dan melakukan pengembangan sistem penyajian data berbasis teknologi informasi;
  6. mengumpulkan bahan dan menyusun laporan kinerja Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  7. menyiapkan bahan dan melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kinerja;
  8. mengumpulkan bahan dan menyusun laporan kegiatan tahunan;
  9. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Program dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  10. melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

 

  • Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok Memimpin pelaksanaan tugas pengelolaan keuangan dan perbendaharaan dengan merencanakan, mengkoordinasikan, mendistribusikan tugas, menyelia, memverifikasi keuangan, mengonsep dan mengevaluasi kegiatan untuk menunjang pelaksanaan tugas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

 

  • Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dirinci sebagai berikut :
    1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan sebagai Pedoman dalam pelaksanaan tugas;
    2. mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
    3. memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
    4. membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
    5. mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
    6. menyiapkan bahan dan menyusun dokumen pelaksanaan kegiatan dan anggaran;
    7. menyiapkan bahan atau data untuk perhitungan anggaran dan perubahan anggaran;
    8. melakukan verifikasi kelengkapan administrasi permintaan pembayaran;
    9. meneliti kelengkapan uang persediaan, ganti uang, tambahan uang, pembayaran gaji, tunjangan, dan penghasilan lainnya untuk menjadi bahan proses lebih lanjut;
    10. mengoordinasikan dan menyusun rencana kerja anggaran;
    11. mengelola pembayaran gaji pegawai;
    12. melakukan verifikasi harian atas penerimaan keuangan;
    13. melakukan akuntansi pengeluaran dan penerimaan keuangan;
    14. melakukan verifikasi pertanggungjawaban keuangan;
    15. menyiapkan bahan dan menyusun laporan keuangan;
    16. menyusun realisasi perhitungan anggaran;
    17. mengevaluasi pelaksanaan tugas bendaharawan;
    18. menginventarisasi sumber-sumber penerimaan keuangan;
  1. menggali sumber-sumber penerimaan baru yang potensial;
  2. melakukan pencatatan pemungutan dan pelaporan pendapatan asli daerah;
  3. mengumpulkan bahan, mengoordinasikan dan menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan;
  4. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Keuangan dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  5. Melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.