Puluhan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kepulauan Selayar, ditampilkan pada pameran produk unggulan daerah, sebagai bagian dari agenda Pekan Raya Sulawesi Selatan (PRS) yang dibuka Rabu (17/11/2021) di Celebes Convention Center (CCC) Makassar.

Beberapa produk UMKM yang dihadirkan oleh Kepulauan Selayar pada pagelaran yang akan berlangsung hingga Sabtu (20/11/2021) ini, seperti cemilan kenari, abon ikan, kue tradisional Kepulauan Selayar hingga kerajinan khas dengan bahan dari bambu tutul yang oleh masyarakat Kepulauan Selayar disebut bulo battik.

Jenis kerajinan Bulo Battik sendiri, banyak mendapatkan atensi dari pengunjung Pekan Raya Sulsel 2021. Kerajinan bulo battik ini, diwujudkan dalam beberapa jenis hiasan rumah dan wadah perlengkapan rumah tangga.

Salah seorang pengunjung asal Makassar, Fitri (22 Tahun), memberi apresiasi atas hasil karya penggiat UKM di Kepulauan Selayar itu. “hasil kerajinannya unik,” ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkukm) Kepulauan Selayar, Hizbullah Kamaruddin yang hadir pada seremoni pembukaan Pekan Raya Sulsel, berkesempatan mengunjungi stand Kepulauan Selayar sekaligus memastikan keberadaan produk-produk UMKM Kepulauan Selayar yang menjadi binaan Disperindagkukm.

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali yang hadir pada acara pembukaan PRS, berharap produk-produk UKM Kepulauan Selayar yang ditampilkan, suatu waktu mampu menembus pasar nasional bahkan internasional. “Pameran di Pekan Raya Sulawesi Selatan ini bisa jadi ajang promosi yang tepat agar produk UKM Selayar bisa lebih eksis,” ucapnya di lokasi pameran.

sumber : http://perindagkukmselayar.com/2021/11/16/puluhan-produk-umkm-kepulauan-selayar-ditampilkan-pada-pekan-raya-sulsel-kerajinan-bulo-battik-paling-menarik-perhatian/