Prospek pengembangan komoditas kelapa di Kepulauan Selayar dalam skala industri, mengemuka pada ajang Selayar Investment Day (SID) 2021 yang berlangsung dI Hotel Claro, Makassar (15/11/2021). Beberapa partisipan, baik pembicara maupun peserta menyampaikan potensi besar Kepulauan Selayar mengembangkan industri kelapa dalam skala besar.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, Andi Rahmat Manggabarani, menyampaikan peluang Kepulauan Selayar menjadikan kelapa sebagai salah satu sektor penggerak ekonomi. “Potensi pasar global dan keberadaan kelapa yang begitu berlimpah di Selayar semestinya menjadi perhatian semua pihak, termasuk HIPMI yang siap memberi dukungan,” ucap Rahmat.

Beberapa peserta juga menyampaikan gagasan pengembangan komoditas kelapa dengan beberapa produk turunan yang memungkinkan seperti santan dan VCO (Virgin Coconut Oil).

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali, menyampaikan komitmen Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar menyambut gagasan industrialisasi kelapa oleh berbagai kalangan pada acara tersebut.

“Berbagai kebijakan yang telah dan akan dilahirkan, siap mendukung sektor investasi, termasuk industrialisasi kelapa yang memang sejak dulu sudah menjadi potensi besar Kepulauan Selayar,” ucapnya.

Beberapa pembicara baik dari Bank Indonesia maupun Bea Cukai, juga menyampaikan kemungkinan Kepulauan Selayar dikembangkan dengan melihat potensi kelapa yang menjadi ikon di daerah tersebut sejak zaman dahulu.

sumber : https://perindagkukmselayar.com/2021/11/15/prospek-industrialisasi-kelapa-di-kepulauan-selayar-mengemuka-pada-ajang-selayar-investment-day/